Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memberikan apresiasi kepada petani yang menggunakan pola usaha mina padi, yakni budi daya ikan memanfaatkan genangan air sawah yang ditanami padi di Desa Sambirejo, Kabupaten Kediri.

"Mina padi itu intinya adalah konsep perikanan ditaruh di lahan pertanian. Kalau melihat keuntungan rata-rata bisa Rp19 juta per hektare, ini total ada 30 hektare (lahan budi daya) cukup lumayan bagi petani," kata Bupati Hanindhito saat panen raya di Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Saat ini, mina padi masih uji coba dilakukan petani di Desa Sambirejo, Kecamatan Pare, tersebut, namun ke depan diharapkan petani di daerah lainnya juga bersedia mencoba mina padi tersebut. Petani pun juga harus mau belajar mina padi, sehingga hasil budi daya juga lebih optimal.

"Saya yakin ada SOP, kualifikasi ditentukan oleh dinas perikanan supaya bisa mendapatkan program mina padi ini. Jadi, ikuti kualifikasinya, tidak bisa sembarangan asal diberi air, ditaruh ikan," ujar dia.

Ia juga berharap para petani di daerah lainnya juga mau memanfaatkan kesempatan dengan konsep mina padi tersebut. Pontensi hasilnya juga bisa lebih besar, selain panen padi juga bisa panen ikan.

"Saya berharap di seluruh kecamatan punya atau ada percontohan mina padi," kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid mengatakan saat ini memang masih dilakukan uji coba, sehingga diharapkan petani lainnya yang sudah mengetahui keuntungan dengan konsep mina padi juga bisa mencobanya.

"Dia punya penghasilan tambahan panen ikan. Program awal kami beri ikan 20 ribu ekor jenisnya nila. Jenis ini karena bisa makan hewan dan tumbuhan, kalau lele hanya hewan saja. Di mina padi, lele pakannya banyak, kalau nila bisa makan rumput," kata Nur.

Ia juga mengatakan, masa budi daya ikan itu disamakan dengan masa awal tanam sampai beberapa minggu sebelum panen. Per hektare lahan, petani bisa panen sekitar 1,8 ton ikan.

Ia juga menambahkan, bagi petani yang ingin budi daya dengan konsep mina padi yang dikhususkan adalah tersedianya air sepanjang tahun. Petani akan kesulitan jika lahan miliknya harus menggunakan bantuan mesin diesel untuk memompa air terus menerus, sehingga dianjurkan yang ada air sepanjang tahun.

"Mina padi kami khususkan di lahan yang airnya tersedia sepanjang tahun. Ini setahun bisa dua kali, sama dengan padi," kata dia.

Untuk sementara, lokasi uji coba teknik mina padi di Desa Sambirejo, Kabupaten Kediri tersebut. Bupati juga memantau langsung panen ikan dengan teknik mina padi itu. Hasil budi daya pun kualitasnya bagus, dan ikannya besar. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021