Wakil Presiden Ma’ruf Amin kunjungan kerja ke Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Kamis, guna meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang diikuti ribuan santri.

Wapres bersama rombongan dijadwalkan tiba di lokasi peninjauan vaksinasi massal sekitar pukul 9:30 WIB, dan selanjutnya K.H. Ma'ruf Amin juga dijadwalkan melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional K.H.R. As'ad Syamsul Arifin, dan selanjutnya menghadiri wisuda Universitas Ibrahimy di lingkungan pesantren.

Dari pantauan, pasukan pengamanan presiden atau Paspampres memeriksa satu persatu tamu undangan yang hadir dalam kegiatan vaksinasi massal yang digelar di halaman Masjid Ibrahimy di lingkungan pesantren.

Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo menyiapkan sebanyak 1.000 santri putra maupun putri calon peserta vaksinasi, sementara 12 ribu santri lainnya akan divaksin secara bertahap sesuai jadwal dari pemkab setempat.
 
Paspampres periksa tamu undangan vaksinasi massal di pintu masuk Masjid Ibrahimy Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo. Kamis (21/10/2021) (ANTARA/ Novi H)

Semula disiapkan 17 ribu santri sejak awal Oktober, dan dari sekitar 17 ribu santri putra putri, ada 13 ribu santri yang siap divaksin, santri lainnya belum siap karena alasan kesehatan dan penyakit bawaan.

Pelaksanaan vaksinasi massal di Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Kecamatan Banyuputih, yang ditinjau langsung wakil presiden dihadirkan 100 santri karena harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Jadi, 100 santri yang dihadirkan di lokasi, yakni santri putra 50 orang dan putri 50 orang. Setelah wapres meninggalkan lokasi, akan dilanjutkan vaksinasi untuk 900 santri lainnya.
Santri Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo mulai mendaftar sebagai calon peserta vaksinasi massal. Kamis (21/10/2021) (ANTARA/ Novi H)


Informasi diperoleh, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, terbang menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan BAe-RJ 85 dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma pukul 08:00 WIB menuju Bandar Udara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur.

Setibanya di Banyuwangi, Wapres dijadwalkan mendapat sambutan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, Wapres melanjutkan perjalanan menggunakan helikopter VVIP Super Puma TNI AU menuju Lapangan Puslatpur Marinir 5/Baluran di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wapres (BPMI Setwapres), agenda pertama kunjungan Wapres ialah meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.

Turut mendampingi Wapres dalam kunjungan tersebut ialah Kepala Sekretariat Wapres (Kasetwapres) Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Lukmanul Hakim serta Staf Khusus Wapres Bambang Widianto. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021