Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kota Madiun, Jawa Timur, mencatat sementara ini ada dua orang peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 setempat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Keduanya telah melapor ke panselda jauh hari sebelum SKD digelar pada Selasa ini," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BK) Kota Madiun Haris Rahmanudin di Madiun, Selasa.

Ia mengatakan kedua peserta itu seharusnya dijadwalkan mengikuti seleksi pada hari keempat atau Jumat (17/9). Namun, karena terkonfirmasi COVID-19, tidak diperkenankan mengikuti SKD di Asrama Haji Kota Madiun sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Mengetahui hal itu, pihak panselda telah melapor ke BKN untuk dijadwalkan tes ulang. Sesuai rencana, keduanya akan mengikuti SKD CPNS di Kantor Regional (Kanreg) II BKN Surabaya.

"Bagi peserta yang positif COVID-19, nanti seleksinya akan dijadwalkan ulang kalau sudah sembuh. Pelaksanaannya berada di Kanreg II BKN Surabaya," kata dia.

Haris menjelaskan karena situasi pandemi, maka persyaratan seleksi pun menyesuaikan. Adapun sejumlah syarat mengikuti SKD CPNS 2021 adalah melakukan tes usap PCR dengan kurun waktu maksimal 2x24 jam atau tes cepat antigen dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif.

"Hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan agar pelaksanaan Tes SKD CPNS 2021 tidak menjadi klaster penyebaran COVID-19," kata Haris.

Meski sudah membawa surat hasil negatif COVID-19, sebelum pelaksanaan SKD juga tetap dilakukan pemeriksaan ulang, seperti pengecekan suhu tubuh. Jika suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celsius, panselda telah menyiapkan ruangan khusus dan terpisah dengan lokasi tes yang berada di aula Asrama Haji Kota Madiun.

"Memang itu sudah kita siapkan. Bagi peserta yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celsius akan kita tempatkan terpisah di ruangan khusus," katanya.

Sesuai data, tes SKD CPNS Tahun 2021 Kota Madiun hari pertama, Selasa, diikuti sebanyak 486 peserta, yang dibagi dalam tiga sesi dengan masing-masing sesi sebanyak 162 peserta. Terdapat 72 peserta yang absen hingga dinyatakan gugur oleh panselda pada hari pertama tes.

Ttes SKD CPNS 2021 Kota Madiun secara total diikuti 3.312 peserta. Dari jumlah itu 2.986 peserta memilih titik lokasi menjalani tes seleksi di Kota Madiun selebihnya di Kanreg BKN, maupun di BKN pusat. Sesuai rencana tes SKD akan berlangsung pada 14-17 September 2021.

Adapun, para peserta seleksi SKD CPNS itu nantinya memperebutkan 114 formasi CPNS di Kota Madiun, terdiri atas tenaga kesehatan 62 formasi dan tenaga teknis 52 formasi.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021