Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, segera mengadakan lelang jabatan untuk mengisi kursi yang selama ini banyak diisi pelaksana tugas, sehingga kinerja pun juga bisa lebih efektif.

"Saya tidak suka formasi plt (pelaksana tugas), saya lebih senang jabatan definitif," kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana setelah meninjau tes CPNS di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Sabtu.

Bupati mengakui kursi jabatan di Kabupaten Kediri masih banyak yang diisi pelaksana tugas. Untuk itu, pihaknya segera membuat kebijakan agar kursi segera definitif.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri Solihin mengakui di kabupaten ini masih banyak kursi yang diisi oleh pelaksana tugas, salah satunya yang eselon dua.

"Yang plt ada 20. Ini segera diisi, tapi nanti tergantung keputusan Mas Bup (pangilan karib Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana) prioritasnya," ujar Solihin.

Solihin mengakui sebenarnya secara kepangkatan banyak yang memenuhi kriteria layak untuk menjabat definitif, namun mereka harus ikut seleksi.

Proses seleksi rencananya akan dilakukan secara terbuka, sehingga bisa lebih menjaring pejabat yang memenuhi kriteria untuk menduduki sebagai pejabat definitif. Mereka bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan program-program yang bisa membawa perbaikan instansi bersangkutan ke depannya.

Untuk rencana pengisian jabatan, Solihin mengatakan kemungkinan dilakukan tahun 2021 ini. Namun, semua juga dikembalikan lagi kepada keputusan dari Bupati Kediri dengan mempertimbangkan prioritas tersebut.

"Kalau secara kepangkatan banyak tapi harus ikut seleksi yang eselon dua itu. Seleksi terbuka dan mungkin tahun ini. Jadi, selain 20 itu semua definitif," ucap dia.

Sementara itu, beberapa pejabat yang definitif di Kabupaten Kediri di antaranya adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri dan beberapa instansi lainnya.

Sedangkan yang masih pelaksana tugas di antaranya Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri dan beberapa dinas lainnya.

Bahkan, ada juga pejabat definitif yang rangkap jabatan di instansi lainnya seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri yang merangkap di Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri.

Diharapkan dengan jabatan segera definitif kinerja pun juga bisa lebih optimal, sesuai dengan program masing-masing instansi. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021