Puluhan warga Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Selasa, unjuk rasa ke kantor DPRD setempat menuntut percepatan pengesahan Perubahan APBD 2021.

Hudaili, salah seorang pengunjuk rasa, mengatakan bahwa kedatangan warga Dusun Merak ke kantor perwakilan rakyat itu, tidak lain mendesak anggota dewan, khususnya Badan Musyawarah (Banmus) segera melaksanakan rapat ulang terkait waktu penetapan persetujuan Perubahan APBD.

"Kedatangan kami pertama mendesak DPRD agar menetapkan dan mengesahkan Perubahan APBD maksimal 30 September 2021, karena sebelumnya informasi yang kami terima rencana pengesahan P-APBD pada 8 Oktober 2021," katanya.

Menurut Hudaili, Dusun Merak sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur jalan, karena selama ini lebih dari seribu orang warga yang tinggal di kawasan Taman Nasional Baluran itu, hanya memiliki akses jalan setapak.

"Warga ini butuh jalan, karena dengan dibangunnya akses warga, tentu ekonomi warga Dusun Merak akan lebih baik dan sejahtera. Anggota dewan harus bersikap lebih proaktif terhadap kepentingan masyarakat," tuturnya.
 
Petugas Polres Situbondo ingatkan pengunjuk rasa taat prokes. Selasa (7/9/2021) (ANTARA/Novi H)

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Situbondo Abd. Rahman berjanji akan segera menggelar musyawarah internal, baik itu bersama fraksi, komisi, maupun badan anggaran terkait perubahan APBD yang disoal warga khususnya warga Merak.

"Kami akan ikhtiarkan dan lakukan upaya melalui fraksi, komisi, ataupun badan anggaran," kata politikus PPP itu.

Ia menjelaskan ketika kabupaten/kota akan melakukan perubahan APBD pada saat tahun anggaran berjalan, maka sesuai aturan, perubahan tersebut harus ditandatangani paling lambat 30 September 2021, atau tiga bulan sebelum tahun anggaran berakhir. 

"Rakyat memerlukan perubahan APBD. Karena dalam perubahan itu, terdapat substansi pembangunan yang akan diknikmati oleh seluruh rakyat Situbondo," imbuhnya.
Perwakilan pengunjuk rasa masuk kantor DPRD Situbondo. Selasa (7/9/2021) (ANTARA/Novi H)


Sebelumnya, Pemkab Situbondo segera membangun peningkatan jalan dari Dusun Sidomulyo menuju Dusun Merak Desa Sumberwaru, setelah mendapat persetujuan dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE).

Pembangunan peningkatan jalan sepanjang sekitar 10 kilometer hanya tinggal menunggu pengesahan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) 2021.

Akses menuju Dusun Merak yang dihuni lebih dari 1.000 jiwa itu sulit ditempuh, terlebih saat musim hujan warga harus menempuh jalur laut, karena jalur darat tak bisa dilalui. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021