PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI memperkuat ekosistem layanan digital untuk melayani transaksi nasabah dari berbagai segmen dan kalangan sesuai kebutuhan masing-masing.

“Kepuasan nasabah adalah prioritas utama kami. BNI selalu dan ingin terus memberikan layanan berkualitas, selalu hadir dengan fitur yang mudah dan berbagai solusi finansial bernilai tambah," kata Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar dalam pernyataan tertulis Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2021 yang diselenggarakan secara daring yang diterima di Malang, Jawa Timur, Jumat.

Bagi BNI, kata Royke, setiap hari adalah Hari Pelanggan. Untuk nasabah, BNI akan melakukan yang terbaik. Harpelnas yang diperingati setiap tanggal 4 September itu tidak hanya menjadi momentum untuk menyapa nasabah, BNI memanfaatkannya untuk memperbaharui informasi terkait ekosistem layanan digital.

Layanan digital mampu melayani seluruh bagian rantai kebutuhan bertransaksi, mulai dari membuka rekening, bertransaksi secara digital, mengirimkan kado virtual, hingga mengurus bisnis.

Peringatan Harpelnas 2021 di BNI dilaksanakan secara virtual mengambil tema "Virtual Customer Gathering BNI 2021". Hadir menyapa para nasabah BNI dari seluruh Indonesia dan Kantor Cabang Luar Negeri Singapura, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati, 10 Direktur, jajaran SEVP dan seluruh General Manager di Tanah Air.

Royke menegaskan di tengah era disrupsi teknologi yang dinamis, tidak ada pilihan lain bagi BNI untuk terus berkarya dan berinovasi menjadi pelopor layanan perbankan berbasis digital.

Pandemi COVID-19 mendorong percepatan Transformasi Digital BNI, karena tingginya kebutuhan transaksi yang aman dari potensi penularan virus. Dengan demikian, penguatan layanan digital BNI menjadi bagian solusi dari tantangan yang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat.

Pada kesempatan Harpelnas 2021, BNI memberikan apresiasi kepada nasabah berupa cindera mata yang berbeda dari pemberian biasanya, yakni diberikan secara digital melalui fitur DIKADO yang tersedia dalam BNI Mobile Banking.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati menekankan bahwa DIKADO hanya salah satu dari ekosistem layanan digital BNI. Layanan digital BNI mulai disiapkan sejak calon nasabah ingin membuka rekening.

Untuk membuka rekening secara digital, nasabah dapat memanfaatkan digital opening account dengan fitur face recognition atau melalui BNI DigiCS, sehingga tidak mengantre di kantor cabang.

Setelah nasabah memiliki rekening, akan memperoleh layanan New BNI Mobile Banking dengan tampilan yang lebih simpel, fresh, dan clean yang dilengkapi dengan fitur-fitur baru. New BNI Mobile Banking menjadi salah satu bukti bahwa BNI ingin hadir lebih dekat dengan nasabah tanpa penghalang apapun, termasuk di saat pandemi.

Beberapa fitur unggulan yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk bertransaksi secara mudah, cepat, aman, dan nyaman di New BNI Mobile Banking, antara lain Biometric Login, yaitu penggunaan finger print saat login ke New BNI Mobile Banking, sehingga lebih mudah dan cepat.
Pemimpin BNI Kantor Wilayah Malang Beby Lolita Indriani bersama nasabah di Kantor Cabang Lumajang, Jawa Timur yang menerima gift dari menu DiKado fitur dari BNI Mobile Banking, Jumat (3/9) ((ANTARA/HO/BNI Kanwil Malang/End (Antarajatim/HO)

Selain itu, fitur Mobile Tunai, dimana nasabah dapat melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM, International Remittance, yaitu transaksi transfer ke luar negeri dalam valuta asing (USD, EUR, SGD, AUD, dan JPY),

Selanjutnya, Digi Loan yang memungkinkan nasabah mengajukan pinjaman menjadi lebih mudah. Fitur Digi Loan yang dapat dimanfaatkan adalah pengajuan BNI Fleksi dan ke depan fitur ini akan dikembangkan ke produk-produk kredit lainnya, top up wallet dan pulsa mulai dari TapCash, LinkAja, Gopay, ShopeePay, Ovo, Dana, dan I-Saku, serta pembelian pulsa.

Kemudian, berbagai fitur pembayaran yang semakin mudah mulai dari pembayaran kartu kredit, tagihan telepon, listrik, air, asuransi, tiket perjalanan, BPJS, Pajak, hingga penebusan  DO elpiji dan QRIS BNI, yaitu kemudahan melakukan pembayaran tanpa kartu, cukup dengan memindai QR Code melalui fitur QRIS pada BNI Mobile Banking.

Khusus fitur QRIS BNI, Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir mengatakan QRIS atau QR Indonesian Standard mengurangi interaksi nasabah yang sebelumnya menggunakan transaksi tunai/ kartu debit/ atau kartu kredit. Pada saat akan melakukan transfer, nasabah tidak perlu nomor rekening, karena dengan QRIS, mereka sudah dapat melakukan transaksi.

Sementara itu Pemimpin BNI Kantor Wilayah Malang Beby Lolita Indriani menyatakan seluruh kantor cabang BNI Kanwil Malang, mulai dari Pacitan hingga Banyuwangi juga menyambut Harpelnas 2021 juga memberikan layanan kepada nasabah secara digital.

Beby mengatakan seluruh Pemimpin Cabang, termasuk outletnya membantu nasabah melakukan pembukaan rekening secara digital, transfer online, Top Up eWallet, pembayaran tagihan, token listrik dan lainnya melalui Mobile Banking.

"Di hari dan momen spesial ini nasabah BNI juga menerima hadiah DIKADO secara digital dari para Pemimpin Cabang dan Outlet kami," ucap Beby.

BNI juga tetap hadir melayani nasabah yang memerlukan dukungan transaksi saat berbisnis. Nasabah yang menjalankan bisnis UMKM maupun korporasi dapat menggunakan layanan digital berupa BNIDirect.

BNIDirect dihadirkan sebagai solusi terintegrasi untuk layanan payment management, collection management, liquidity management, hingga value chain management untuk mempermudah transaksi dan bisnis nasabah.

BNI Direct telah dilengkapi dengan layanan BNI Trade Online yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi Trade Finance secara Online.

"Melalui fitur ini, penyampaian permohonan transaksi trade dapat dilakukan secara online tanpa datang ke Kantor Cabang dan dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun secara cepat dan mudah”, kata Beby menutup Kegiatan Harpelnas 2021 bersama nasabah di kantor cabang Lumajang. (*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021