Mobile JKN merupakan aplikasi yang diluncurkan BPJS Kesehatan untuk memudahkan akses masyarakat pengguna Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satunya Buya Firmansyah (30), Purworejo, Pasuruan.

Dirinya bercerita tentang banyaknya fitur update dalam mobile JKN dan sangat mempermudah keperluan pengurusan BPJS Kesehatan di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Melalui aplikasi mobile JKN masyarakat bisa memanfaatkan banyak fasilitas dan fitur yang ditawarkan. Mulai dari beberapa info penting seputar JKN-KIS, berita terkini seputar BPJS Kesehatan yang dikemas dalam JamkesNews.

Mengakomodir kebutuhan peserta meliputi data peserta tersebut, akses ubah data kepesertaan, hingga pendaftaran peserta beserta anggota keluarga.

"Banyak mudahnya pakai aplikasi mobile JKN, sekarang gak perlu lagi dikit-dikit kekantor BPJS (Kesehatan), dah gitu tinggal klik klik aja mengurangi kontak. Rawan juga harus ketempat umum karena masih pandemi covid 19 kayak gini," tutur Firman sapaan akrabnya.

Akses aplikasi mobile JKN ini cukup dengan masuk (Login) menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan terdaftar dan verifikasinya melalui email yang sebelumnya telah digunakan untuk pendaftaran pertama kali. Satu kali klik semua bisa mudah diakses dalam genggaman.
 
Peserta ingin mengetahui berapa banyak iuran yang belum terbayarkan bisa klik fitur premi pada mobile JKN. Tak hanya itu terkait dengan iuran, seperti catatan pembayaran, pembayarannya hingga akses pendaftaran autodebet dapat di proses melalui Mobile JKN.

"Sempat juga buka-buka aplikasi mobile JKN dan ada fitur terkait Riwayat pelayanan juga skrining Riwayat Kesehatan, menurut saya bermanfaat banget ya fitur ini untuk membantu cek Kesehatan kita, kalau beresiko fitur ini bisa mengarahkan kita untuk chat dokter secara langsung untuk konsultasi. Mudah banget kan selama pandemi ini kita harus tau betul kondisi Kesehatan kita,” tambahnya.

Mobile JKN memberikan banyak fitur dan terus berinovasi demi memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan Kesehatan saat ini. Fenomena antri di pagi hari demi mendapatkan pelayanan pun sudah diakomodir dalam mobile JKN yaitu fitur antrian online.
 
Peserta dapat mendaftar antrian terlebih dahulu pada aplikasi Mobile JKN nya untuk selanjutnya dapat mengetahui nomor antrian di Faskes tingkat pertama terdaftar. Bisa juga melihat jadwal operasi yang sebelumnya telah di jadwalkan tanpa harus bolak-balik ke rumah sakit untuk mendapatkan kepastian, serta bisa melihat ketersediaan tempat tidur di fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“ Ndak ada ruginya download dan daftar aplikasi Mobile JKN, malah banyak banget manfaat yang didapat. Saya pribadi ingin mengajak semua untuk segera memiliki aplikasi Mobile JKN, supaya mudah mendapatkan informasi dan pelayanan. Apapun informasi dan solusi bisa didapat di dalam satu aplikasi itu jadi manfaatnya banyak banget,” tutup Firman. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021