PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Malang mencatat hingga Juli 2021, sektor pertanian dilaporkan mendominasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan nilai mencapai Rp5,153 triliun.

Pemimpin Wilayah BRI Malang Prasetya Sayekti di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, mengatakan hingga Juli 2021, penyaluran KUR oleh BRI Kanwil Malang tercatat mencapai Rp12,030 triliun, dengan debitur sebanyak 443.256 orang.

"Jika dilihat dari sektor masing-masing usaha, sektor pertanian mendominasi penyaluran KUR, dengan total mencapai Rp5,153 triliun atau 43 persen dari total KUR yang disalurkan," kata Prasetya.

Prasetya menjelaskan penyaluran KUR pada sektor usaha pertanian tersebut, di dalamnya mencakup beberapa sektor lain seperti peternakan dan perikanan. Kemudian, sebanyak Rp4,869 triliun disalurkan untuk sektor perdagangan, restoran, dan hotel.

Ia menambahkan pengembangan klaster pertanian seperti untuk komoditas bawang merah di Kabupaten Nganjuk, jeruk di Kabupaten Malang, porang di Kabupaten Madiun, sapi perah di Kabupaten Kediri, dan ikan koi di Kabupaten Blitar, sebagai salah satu contoh perhatian BRI Kanwil Malang, terhadap usaha di sektor pertanian dalam arti luas.

"Penyaluran KUR telah mencapai Rp12 triliun atau 61 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp19,9 triliun," katanya.

Dalam upaya untuk memberikan layanan kemudahan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) penerima KUR, BRI Kanwil Malang menugaskan Mantri BRI pada setiap desa, atau kelurahan untuk meningkatkan pelayanan kepada para nasabah.

Selain itu, lanjutnya, BRI Kanwil Malang juga melibatkan gabungan kelompok tani, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), termasuk para petani binaan, yang bertujuan agar penyaluran KUR bisa terserap secara cepat dan tepat sasaran.

"BRI tetap berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat, dengan memberikan dukungan, pendampingan, edukasi, serta pelatihan untuk pengembangan kapasitas, dan kapabilitas pelaku UMKM, khususnya di masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Tercatat, hingga Juli 2021, total kredit yang telah disalurkan BRI Kanwil Malang mencapai Rp59,5 triliun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 15 persen secara year on year (YoY), atau dibandingkan dengan penyaluran pada periode yang sama tahun 2020.

Tingkat pertumbuhan kredit pada BRI Kanwil Malang, didominasi oleh kredit mikro sebesar Rp33,1 triliun atau 56 persen dari total kredit yang disalurkan, dengan jumlah debitur mencapai 1.346.067 orang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021