Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Timur mengingatkan masyarakat tak melupakan jasa para pejuang dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

"Bangsa yang besar, adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya," ujar Ketua Umum Kodrat Jatim Bambang Haryo Soekartono di sela ziarah Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa di Surabaya, Rabu.

Tanpa pejuang, kata dia, Bangsa Indonesia tidak akan bertahan sampai saat ini sehingga sudah menjadi kewajiban generasi sekarang selalu menghormati dan mengingat para pahlawan.

Pada kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa BHS itu sempat melakukan upacara singkat untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan.

Kemudian, bersama sejumlah anak yatim-piatu, politikus senior Partai Gerindra itu melakukan tabur bunga sekaligus mendoakan agar arwah para pahlawan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Dan jangan dilupakan, bahwa para pejuang juga ada yang masih hidup. Sampai sekarang, masih ribuan orang pejuang veteran Surabaya yang dulu ikut mempertahankan NKRI dari serangan penjajah," kata penasihat utama sekaligus pemilik PT Dharma Lautan Utama (DLU) tersebut.

Hal senada juga disampaikan Ketua Harian Pengprov Kodrat Jatim, Erwin H Poedjono, yang berharap kegiatan ziarah ke TMP rutin digelar oleh berbagai pihak.

"Para pejuang-pejuang inilah yang membuat Bangsa Indonesia ini ada. Kita sebagai generasi penerus wajib meneruskan cita-cita bangsa," ucapnya.

Sementara itu, ziarah ke TMP merupakan bagian dari rangkaian kegiatan bulan kemerdekaan selain bakti sosial serta donor darah. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021