Demi meningkatkan derajat kesehatan warganya, Kepala Desa Roomo, Kabupaten Gresik, Rusdiyanto mencanangkan program Jaminan Kesehatan Semesta Desa melalui pendaftaran kolektif peserta JKN-KIS bagi warga yang belum terdaftar dengan menggandeng Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan.  

Program ini tentu akan memudahkan warga Desa Roomo untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
 
"Harapan kami dengan adanya program ini seluruh warga Desa Roomo bisa mendapatkan jaminan kesehatan. Jadi dari jumlah keseluruhan warga sebanyak 3632 jiwa, kurang lebih 60 persen yang belum terdaftar kepesertaan JKN-KIS. Nantinya jika program ini sudah berjalan, maka warga cukup menggunakan KTP jika hendak ke Puskesmas Pembantu yang ada di Desa Roomo,” terang Rusdi. 

Rusdi menjelaskan untuk mendukung keberhasilan pencanganan program ini, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Selain Dinas Sosial dan BPJS Kesehatan, ia juga menggandeng salah satu sayap organisasi Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yaitu JamkesWatch.

kegiatan audiensi Desa Roomo, Jamkeswatch, BPJS Kesehatan dengan Dinsos(Antara Jatim/Ho-Humas BPJS Gresik)


JamkesWatch sendiri memiliki fungsi kontrol untuk bahu membahu memantau penyelenggaraan BPJS Kesehatan. 

"Kami bersama dengan BPJS Kesehatan dan juga dukungan JamkesWatch terus melakukan upaya koordinasi antar pihak-pihak yang terlibat agar program ini segera terlaksana. Hanya melihat kondisi pandemi seperti sekarang ini, beberapa agenda kegiatan koordinasi tepaksa ditunda demi mengurangi rantai penyebaran COVID-19,” imbuhnya. 

Sebelumnya, Rusdi membeberkan bahwa pihak Pemerintah Desa Roomo terus melakukan sosialisasi kepada seluruh warga terkait pentingnya memiliki JKN-KIS. Rusdi bahkan selalu menekankan bahwa jaminan kesehatan merupakan kebutuhan utama dalam hidup. 

"Kami terus melakukan upaya seperti sosialisasi dan edukasi melalui seluruh Ketua RT/RW di wilayah Desa Roomo. Dan antusiasme warga sangat tinggi. Mereka menyambut baik dan mendukung program Jaminan Kesehatan Semesta yang akan dilakukan di Desa Roomo," katanya.

Ke depannya,  Rusdi berharap seluruh pihak terkait terutama Dinas Sosial dapat mempercepat realisasi rencana program yang menyangkut hajat kesehatan seluruh warganya. Ia juga meminta dukungan dalam hal sarana dan pra sarana pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dapat ditingkatkan agar program Jaminan Kesehatan Semesta Desa dapat berjalan optimal.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021