Kapolres Situbondo AKBP Ach. Imam Rifai menyatakan akan menindak tegas terhadap warga maupun kelompok masyarakat yang dengan sengaja merebut atau mengambil paksa jenazah COVID-19 dari petugas pemulasaraan.

"Kami imbau jangan sampai ini (perebutan jenazah) terjadi lagi. Kita sadari bersama bahwa semua di masa pandemi ini adalah korban. Jadi, kami tidak menginginkan kejadian itu terulang lagi," kata Kapolres Imam Rifai di Situbondo, Jawa Timur, Senin.

Menurut ia, insiden pengambilan paksa jenazah COVID-19 memang terjadi beberapa waktu terakhir sehingga Satgas COVID-19 telah membuat surat edaran dan bersepakat akan melakukan penegakan hukum.

"Ada dua kasus (perebutan jenazah COVID-19) yang sedang dalam proses, tentunya kami mengedepankan edukasi," tuturnya.

Ke depan, lanjut kapolres, jika terjadi lagi insiden perebutan jenazah COVID-19, polisi tidak akan tebang pilih dan menindak tegas.

"Hal ini untuk menekan angka penyebaran virus corona (COVID-19) di Situbondo," ujarnya.

"Karena salah satu penyebaran dan tingginya kasus positif berdasarkan hasil penelusuran banyak yang menunjukkan angka positif dari kejadian perebutan jenazah itu," kata Imam Rifai.

Mengenai perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 2 Agustus 2021, kapolres menambahkan Situbondo masuk dalam level 4.

"Tingginya angka kematian, rendahnya vaksinasi dan tingginya angka kasus aktif, menjadi indikator Situbondo masuk level 4. Kami minta masyarakat meningkatkan disiplin, patuhi ketentuan pemerintah," tuturnya.

Data sebaran COVID-19 Situbondo, hingga hari ini tercatat sebanyak 5.561 kasus, rinciannya 4.429 orang sembuh, 569 orang meninggal, 563 orang dalam perawatan dan isolasi.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021