Universitas Jember Medical Center memperluas cakupan penerima vaksin COVID-19 yang sebelumnya melayani warga usia 18 tahun ke atas, saat ini untuk warga berusia 12 tahun ke atas dengan prosesnya mulai pada Kamis.

"Perluasan cakupan penerima vaksin itu guna mendukung program pemerintah yang ingin meningkatkan penerima vaksin COVID-19 di Indonesia agar segera terbentuk herd immunity (kekebalan kelompok)," kata Ketua Unej Medical Center dr. Ulfah Elfiah di Jember.

Perluasan cakupan penerima vaksin itu dilakukan setelah pihaknya menyelesaikan vaksinasi kepada seluruh dosen dan karyawan Unej yang memenuhi syarat menerima vaksin.

"Kini UMC mulai melakukan vaksinasi bagi keluarga besar Universitas Jember yakni istri/suami dan anak, purnatugas, serta warga seputar kampus setempat," tuturnya.

Setiap minggunya, pihak Unej membuka layanan vaksinasi pada Rabu, Kamis, dan Jumat. Awalnya penerima vaksin dibatasi hingga 60 orang.

"Namun seiring dengan program pemerintah yang ingin meningkatkan jumlah penerima vaksin, maka kuotanya ditambah jadi 150 orang di setiap harinya dan tentunya dengan tetap mengacu ketersediaan vaksin dari Dinas Kesehatan Jember," katanya.

Dokter spesialis bedah plastik itu, mengatakan sebenarnya sejak Juni 2021 Unej Medical Center telah melayani vaksinasi bagi masyarakat umum yakni tercatat 212 penerima vaksin tahap pertama dan 143 penerima vaksin tahap kedua.

Khusus vaksinasi bagi keluarga besar Universitas Jember akan digelar intensif pada Agustus 2021 dan bagi yang berminat mendapatkan vaksin di UMC, maka bisa mendaftarkan diri dengan membawa fotokopi KTP atau Kartu Keluarga untuk mereka yang belum memiliki KTP.

"Dan ingat, peserta harus dalam kondisi sehat, jika dalam kondisi sakit harus menunda ikut vaksinasi agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan," ujarnya.

Antusiasme mengikuti vaksin diperlihatkan oleh mantan Dekan Fakultas Hukum Soeharsono yang berusia 82 tahun yang masih terlihat sehat dan datang ditemani enam cucunya yang juga menerima vaksin.

Selain memberikan layanan vaksinasi di lingkungan Kampus Unej, para tenaga medis Unej Medical Center juga membantu pelaksanaan vaksinasi di beberapa lokasi lain di Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021