Komando Armada (Koarmada) II siap memfasilitasi vaksinasi virus corona (COVID-19) bagi warga di kepulauan dengan menggunakan kapal-kapal Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Panglima Koarmada II Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto memastikan bakti sosial TNI AL dengan menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat maritim gencar dilakukan mulai hari ini, yang diawali di empat kecamatan wilayah pesisir Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 
 
Video oleh Hanif Nashrullah

"Menggunakan vaksin Sinovac, vaksinasi COVID-19 di empat kecamatan wilayah pesisir Kabupaten Lamongan kami targetkan untuk sebanyak 3 ribu orang," katanya kepada wartawan di Lamongan, Rabu.

Bakti sosial vaksinasi COVID-19 di Lamongan melibatkan sebanyak 110 vaksinator, yang sebagian besar dari unsur  TNI AL, serta dibantu oleh tenaga kesehatan dari dinas kesehatan kabupaten setempat.   

"Bakti sosial dengan menyediakan fasilitas vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim akan terus digelar berkelanjutan ke wilayah pesisir lainnya. Termasuk ke pulau-pulau di wilayah Koarmada II yang dirasa perlu, dengan menggunakan kapal-kapal TNI AL," ujarnya. 

Hari ini, Laksda Iwan menandaskan, bakti sosial TNI AL dengan menggelar vaksinasi COVID-19  juga digelar di Gedangan, Sidoarjo. 

"Besok di Surabaya dan Candi, Sidoarjo. Jadi tidak berhenti di sini. Kami akan berputar terus. Kemudian di Banyuwangi juga akan kami laksanakan. Lalu ke pulau-pulau yang kita nilai perlu sekali, kita akan bergerak ke sana dengan kapal kapal angkatan laut," katanya, menjelaskan.  

Panglima Laksda Iwan Isnurwanto mengungkapkan, wilayah pesisir dengan potensi maritim yang memadai bagi masyarakatnya, terutama di sektor perikanan dan wisata bahari, merupakan bagian dari tanggung jawab Koarmada II. 

Dengan serbuan vaksinasi COVID-19 yang sedang digalakkan, diharapkan dapat menjaga imunitas tubuh masyarakat. "Dengan begitu, roda perekonomian masyarakat maritim dapat terus berputar," ucapnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi bakti sosial Koarmada II TNI AL yang telah memfasilitasi vaksinasi COVID-19 dengan menyasar masyarakat maritim.   

"Kami di jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus bersinergi demi mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity minimal 70 persen dalam waktu dekat," ujarnya, di sela meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang digelar Koarmada II di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan, tadi siang. 

Mantan Menteri Sosial itu menargetkan herd immunity, dengan minimal 70 persen masyarakat Jawa Timur yang sudah divaksin COVID-19, harus sudah tercapai bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke- 76 pada 17 Agustus 2021, atau sekitar sebulan mendatang.  (*)
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021