Sejak beberapa pekan terakhir, taman bunga yang berada di areal persawahan Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ramai menjadi perbincangan warganet atau netizen di berbagai media sosial. 

Taman bunga tersebut merupakan maskot kegiatan "Gerakan Belanja Sayuran dari Lahan Tani" (Gerbas Tani) 2021 yang akan dilaksanakan pada 2-4 Juli 2021.

"Taman bunga itu sebenarnya ide dari para petani untuk menyukseskan Gerbas Tani 2021, sehingga harapan kami dapat menjadi ikon untuk wisata juga dan meningkatkan perekonomian masyarakat di sektor pertanian," kata Kepala Desa Kedungrejo Hariyanto.

Ternyata, antusias masyarakat cukup tinggi yang terlihat dari kunjungan mereka ke Taman Bunga Gerbas Tani tersebut, sehingga pihaknya optimistis sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga ikut berkembang.

Camat Rowokangkung Aziz Facrurrozi mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi ide kreatif untuk menarik perhatian masyarakat luas datang ke kegiatan Gerbas Tani 2021. 

Melakui Gerakan Belanja Sayuran dari Lahan Tani, masyarakat yang datang diharapkan tidak hanya berfoto melainkan juga membeli produk hasil pertanian yang dijual.

"Kami berharap kedatangan masyarakat tidak sekadar berswafoto di taman bunga itu, namun mereka juga membeli sayuran petani, sehingga otomatis akan membantu meningkatkan pendapatan petani," tuturnya.

Salah satu anggota kelompok tani Desa Kedungrejo, Haru Afandi, menjelaskan bahwa ide kegiatan tersebut berawal dari rendahnya harga sayuran di pasar, sehingga dirinya bersama anggota kelompok tani yang lain memikirkan cara untuk meningkatkan harga hasil pertanian. Kemudian, muncul ide untuk membeli sayur langsung dari area persawahan.

Gerbas Tani awalnya dimulai dari konsep edukasi siswa-siswi yang diajak memetik sayuran langsung dari persawahan, kemudian ide tersebut berkembang hingga memunculkan konsep wisata edukasi pertanian.

"Kelompok tani yang akan menyiapkan, konsumen nanti bisa langsung petik beberapa jenis sayuran dan kami siapkan sayuran yang siap dibawa pulang, untuk harga di sini masih relatif murah dibandingkan pasar," katanya.

Lahan yang disiapkan dalam Gerbas Tani sekitar 2,5 hektare dengan berbagai macam tanaman sayur mengelilingi taman bunga yang dikonsep menjadi sebuah crop circle sehingga terlihat indah, apalagi untuk menjadi spot foto yang instagramable.

Nah, bagi Anda yang kebetulan berjalan-jalan di Kabupaten Lumajang, tidak ada salahnya untuk membeli sayuran langsung dari petani dengan harga yang terjangkau sambil menikmati keindahan taman bunga di areal persawahan yang keren dan instagramable.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021