Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya Dr. Joni Wahyuhadi Sp.BS (K) mengungkapkan dr. Agus Harianto Sp.A (K) sebagai Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu merencanakan rujukan bagi dua bayi kembar siam untuk ditangani rumah sakit setempat.

"Beliau sangat berjasa, operasi kembar siam yang ditangani beliau sudah banyak, 100 lebih. Ada dua (kembar siam) rencananya yang akan diurus lagi," kata Joni di Surabaya, Sabtu, menanggapi wafatnya dr. Agus Harianto, Sp.A (K).

Joni mengaku cukup terkejut dengan kabar berpulangnya dokter yang dikenal akrab dengan awak media tersebut.

"Saya kaget, karena dua hari lalu masih sama saya. Kemungkinan jantung," ujarnya.

Dikatakannya, dr. Agus Harianto telah berkutat dengan kembar siam sejak ia bergabung di RSUD Dr. Soetomo. Sehingga, dr. Agus bersama dr. Poerwadi menjadi pionir berbagai program kembar siam.

"Beliau seorang yang sangat berdedikasi, makanya saya secara pribadi maupun kelembagaan sangat kehilangan. Beliau yang tak henti-hentinya memajukan kembar siam sampai sekarang sudah punya yayasan kembar siam yang didukung bu gubernur," tuturnya.

Ia menambahkan dr. Agus Harianto merupakan dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Selain itu, juga tergabung dalam program dokter mitra di RSUD Dr. Soetomo karena telah pensiun.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021