Desa Sambibulu, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jatim masuk 10 besar lomba desa dan kelurahan, serta pelaksanaan terbaik 10 program PKK yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur tahun 2021.

Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Sa'adah di Sidoarjo, Kamis mengatakan, perlombaan sudah memasuki tahap paparan kepala desa kelurahan serta tanya jawab dari tim penilai yang akan dilaksanakan dalam pekan ini kepada 10 Desa Terpilih lolos administrasi se jawa timur.

"Saya dan pengurus PKK ingin melihat secara langsung bagaimana persiapan Desa Sambibulu. Masuk 10 Besar bagi kami merupakan prestasi yang luar biasa karena itu harus dipersiapkan secara bagus dan maksimal," katanya di Sidoarjo.

Mengangkat tema agrowisata dan petik buah, lanjut dia, pemerintah desa setempat memanfaatkan potensi alam dan wisata edukatif, karena desa itu memiliki banyak wahana dan tempat belajar bagi masyarakat bahkan siswa sekolah.

"Di antaranya yaitu fasilitas sepeda air, outbound, pusat jajanan dan yang tidak kalah menarik adalah wisata petik buah pengunjung bisa memetik buah jeruk, lemon, dan jambu," ucapnya.

Ia mengimbau supaya pemerintah desa dan masyarakat sekitar untuk gencar mempromosikan wisata edukatif dan agrowisata ini.

"Masyarakat harus bangga dengan ide dan gagasan wisata miliknya sendiri dengan gencar mensosialisasikan melalui media sosial atau secara lisan ketika bertemu dengan orang lain," ucap

Dirinya mengatakan, untuk lolos ke tahap selanjutnya, pihak pengelola yaitu perangkat desa, PKK desa dan koordinasi dengan kecamatan untuk meningkatkan fasilitas dan kebijakan yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Wisata alam ada, wisata edukasi untuk anak-anak agar gemar menanam, gemar bertani sudah ada, tinggal melengkapi dan memperindah fasilitas yang ada, optimis akan lolos," tukasnya.

Sementara menurut Basori selaku Kepala Desa Sambibulu mengaku akan terus mengembangkan potensi wisata di desanya.

"Semua dikelola BUMDes, ke depan akan terus kami kembangkan, mohon dukungan dari pemkab Sidoarjo untuk mempromosikan wisata desa kami," ujarnya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021