Wali Kota Madiun Maidi menyatakan humas pemerintah memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung pembangunan daerah yang gencar dilakukan oleh pemerintah kota setempat.

Ia mengatakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sebagai humas Pemerintah Kota memiliki fungsi strategis dalam rangka memberikan informasi yang mendidik, mencerahkan, dan memberdayakan masyarakat Kota Madiun.

"Salah informasi, salah berita, salah kehumasan tiga kata saja, bisa jadi masalah. Karena itu, peran strategis humas atau Dinas Kominfo dalam komunikasi krisis di era pandemi COVID-19, sangat penting," ujar Wali Kota Maidi dalam kegiatan Penguatan Peran Strategis Humas Pemerintah Daerah Dalam Komunikasi Krisis di Masa Pandemi COVID-19 di Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun, Senin (12/4/2021).

Pihaknya menilai Diskominfo yang berperan sebagai humas, telah menyampaikan informasi dengan baik. Informasi yang disampaikan berupa kebijakan–kebijakan pemerintahan dan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kehidupan telah tersampaikan ke masyarakat.

Karena itu, pihaknya menjamin bahwa informasi yang disajikan oleh Diskominfo Kota Madiun adalah riil serta nyata. Hal itu karena tuntutan masyarakat akan transparansi pemerintahan sangat tinggi di era keterbukaan publik.

Menurutnya, selama ini humas telah mengemas informasi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti dalam kanal resmi Pemkot Madiun. Baik melalui facebook, instagram dan website resmi madiuntoday. Sehingga pesan-pesan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah dapat sampai langsung ke masyarakat.

"Selama ini Diskominfo sudah bagus dalam menyajikan informasi untuk teman media dan masyarakat," katanya.

Hal itu harus ditingkatkan sehingga berita positif yang transparan akan memberikan opini publik yang baik dan dapat mempercepat pembangunan daerah.
Pengamat Komunikasi dan Politik Universitas Airlangga Surabaya Dr. Suko Widodo sebagai pembicara dalam kegiatan Penguatan Peran Strategis Humas Pemerintah Daerah Dalam Komunikasi Krisis di Masa Pandemi COVID-19 di Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun, Senin (12/4/2021). (Antara Jatim/Diskominfo Kota Madiun/ Lr)


Pengamat Komunikasi dan Politik Universitas Airlangga Surabaya Dr. Suko Widodo mengatakan penting bagi pejabat di bidang humas untuk memastikan masyarakat terpenuhi haknya dalam memperoleh informasi dengan baik.

"Hal itu sebab transparansi pemerintah di era digital sangat dibutuhkan. Sehingga, masyarakat bisa tetap percaya pada kinerja pemerintah," kata Suko Widodo yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

Ia menegaskan bahwa keterbukaan informasi publik menjadi elemen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih. Seluruh badan publik harus menunjukkan transparansi dan akuntabilitasnya melalui keterbukaan informasi dan membuka saluran partisipasi bagi masyarakat.

"Media pemerintah juga wajib mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat. Hal itu juga yang harus dilakukan Pemkot Madiun," katanya.

Karena itu, apa yang disampaikan oleh Wali Kota Maidi terkait transparansi harus diikuti dan diterapkan semua jajaran organisasi perangkat daerahnya (OPD).

Guna menjawab tantangan itu, diperlukan strategi komunikasi. Di antaranya dibutuhkannya pejabat fungsional di bidang humas di semua yang mumpuni di semua OPD. 

"Informasi yang disajikan pemerintahan juga wajib bersifat transparan. Apalagi di era digital saat ini, masyarakat juga semakin kritis," katanya.

Strategi juga dilakukan dengan penguatan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi digital yang mampu memberikan edukasi literasi digital kepada masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat dapat membedakan mana berita yang akurat dan mana yang tidak.

Kegiatan Penguatan Peran Strategis Humas Pemerintah Daerah Dalam Komunikasi Krisis di Masa Pandemi COVID-19 di gedung GCIO diikuti oleh kepala OPD, perwakilan OPD, dan jajaran Diskominfo Kota Madiun.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021