Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap Pasar Wage di Nganjuk bisa menjadi percontohan nasional bebas bahan berbahaya.

"Apalagi saat ini Pasar Wage masuk sepuluh besar dan berpeluang menjadi pasar percontohan terbaik tingkat nasional," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima di Surabaya, Rabu malam.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menetapkan Pasar Wage di Kabupaten Nganjuk menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur sebagai pasar percontohan yang bebas dan aman dari bahan-bahan berbahaya tingkat nasional.

Menurut dia, hal tersebut sangat positif dan mampu memberikan jaminan kepada konsumen bahan-bahan pokok bebas kandungan berbahaya.

"Masyarakat yang berbelanja ke pasar lebih banyak ketimbang pasar swalayan. Pasar ini tentu menjadi perlindungan bagi konsumen dalam mencari bahan makanan yang sehat bebas kandungan berbahaya," ucap dia.

Di sisi lain, alumnus Universitas Brawijaya Malang itu juga berharap Pasar Wage menjadi percontohan bagi pasar-pasar lainnya di Indonesia untuk menyediakan bahan-bahan makanan yang bebas dari kandungan zat berbahaya.

"Fungsi pasar tidak dapat digantikan dengan yang lainnya. Dengan hadirnya pasar higienis, sehat dan aman ini maka masyarakat terlindungi dari konsumsi bahan berbahaya," kata senator asal daerah pemilihan Jawa Timur itu. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021