Dua jurnalis Antara yakni Hamka Agung Balya dari Video Jurnalis (VJ) dan fotografer Badrus Yudosuseno meraih penghargaan sebagai juara kedua dalam  lomba jurnalistik "Jember Sae" yang digelar Polres Jember dan Universitas Jember.

Penyerahan penghargaan peserta terbaik lomba ekpresi membangun citra dalam program "Jember Sae" digelar di Rupatama Polres Jember, Senin (29/3) petang,. Tampak hadir pula Wakil Bupati Jember M Balya Firjaun Barlaman, Kapolres AKBP Arif Rachman Arifin, dan Rektor Universitas Jember (Unej) Iwan Taruna.

Ketua Panitia Didik Suharjadi mengatakan tema program Jember Sae pada periode kedua yakni "Perempuan Jember untuk Indonesia Maju" dengan beberapa kategori yakni lomba fotografi kategori smartphone dan DSLR, kemudian lomba status di media sosial, lomba video/vlog pendek di media sosial, kemudian lomba jurnalistik kategori radio, televisi, tulisan media cetak atau daring.

"Saya optimis bahwa kegiatan ini akan berdampak baik untuk membangun citra Jember dan terbukti pada kegiatan sebelumnya antusias masyarakat sangat luar biasa, baik lomba ataupun kegiatan pasar virtual," katanya.

Untuk kategori televisi, juara pertama diraih oleh Hernawan Mustika dari Kompas TV dengan judul "Perempuan difabel dedikasikan ilmunya untuk mendidik anak berkebutuhan khusus",  juara kedua diraih oleh Hamka Agung Balya dari ANTARA TV dengan judul "Bank Klambi ubah baju bekas jadi kerajinan bernilai ekonomis".

Untuk kategori fotografi DSLR, juara pertama diraih Yusuf Briliany dengan judul "Para perempuan pesisir", kemudian juara kedua diraih Badrus Yudosuseno dari fotografer Antara dengan judul "Vaksinasi COVID-19".
 
Fotografer Antara Badrus Yudosuseno meraih juara runner up kategori fotografi dalam program "Jember Sae" (ANTARA/ HO - Polres Jember)

Kategori media cetak dan daring, juara pertama diraih oleh Bagus Suprianto dari Kompas.com dengan judul "Kisah sukses mantan TKW jadi eksportir kerajinan hingga 17 negara" dan juara kedua yakni Farida dari Jemberpost.net dengan judul "Farha Ciciek, dari egrang untuk perlindungan anak buruh migran".

Wakil Bupati Jember MB. Firjaun Barlaman dalam kesempatan itu mengatakan Pemkab Jember mendukung penuh program Jember Sae karena suatu program yang sangat luar biasa dan yakin efisien untuk kemajuan  ekonomi Jember jauh lebih baik.
 
"Program Jember Sae diharapkan muncul potensi-potensi sumber daya manusia (SDM), sehingga dapat berkolaborasi untuk menarik para investor  yang dapat membantu pembangunan di Kabupaten Jember," katanya.

Sementara Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin dan Rektor Unej Iwan Taruna berkomitmen mendukung penuh lomba ekspresi membangun citra Jember yang hebat dengan tujuan menstimulus tumbuhnya opini yang berimbang tentang Jember. Selain itu, mengedukasi masyarakat Jember untuk mengabarkan berbagai potensi positif.

Kemudian membangkitkan kembali perekonomian di tengah pandemi COVID-19, serta memperkenalkan produk UMKM ke pasar yang lebih luas untuk memudahkan transaksi secara daring. (*)

 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021