Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta menginstruksikan anggotanya untuk memperketat penjagaan di sejumlah gereja pascaledakan  di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, para personel gabungan dari seluruh satuan langsung dikerahkan untuk mengamankan gereja-gereja yang ada di Jatim.

"Instruksi Kapolda Jatim pengamanan dilakukan di seluruh gereja di Jatim. Diprioritaskan di Surabaya dan Malang," kata Kombes Gatot saat dikonfirmasi.

Kombes Gatot menyatakan tiga gereja di Surabaya yang pernah menjadi target serangan bom pada tahun 2018 lalu, yakni Gereja Santa Maria Tak Bercela Ngagel, GKI Diponegoro, dan Pantekosta Arjuno menjadi prioritas pengamanan.

"Tiga gereja bekas bom di Surabaya juga semakin diperketat lagi, lebih intens. Ada sekitar 10 personel disiagakan di masing-masing gereja, baik personel terbuka maupun tertutup," tutur polisi dengan tiga melati dipundaknya itu.

Kombes Gatot mengungkapkan dirinya sedang dalam perjalanan menuju Malang untuk mendampingi Kapolda Jatim melihat sejumlah pengamanan yang sedang berlangsung. (*)

 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021