Aparat kepolisian memfasilitasi akomodasi massa beratribut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang hari ini baru saja tiba dengan menumpang angkutan laut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Gatot Repli Handoko mengatakan kedatangan massa beratribut HMI asal berbagai provinsi di wilayah Sulawesi itu diamankan oleh sekitar seribu personel aparat gabungan.
 
Video oleh Hanif Nashrullah

"Aparat gabungan yang bertugas melakukan pengamanan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hari ini dari kepolisian, TNI dan Otoritas Pelabuhan," katanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

Terdata jumlah massa yang datang dengan menumpang Kapal Motor Sinabung itu berjumlah 1.135 orang. Mereka hendak mengikuti Kongres XXXI HMI yang berlangsung di Surabaya sejak tanggal 17 hingga 22 Maret 2021. 

Informasi yang beredar, ribuan orang asal Sulawesi ini tidak diundang dalam kongres tersebut sehingga akomodasi, termasuk tempat tinggal mereka selama di Surabaya belum jelas. 

Kombes Gatot memastikan selain melakukan pengamanan terhadap seribuan orang tersebut, aparat juga sekaligus melakukan penyambutan dengan menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan. 

"Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini sudah kami siapkan armada bus. Penginapan bagi mereka juga sudah kami siapkan," ujarnya.   

Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ganis Setyaningrum menandaskan fasilitas protokol kesehatan pencegahan virus corona (COVID-19) juga telah disiagakan dalam menyambut kedatangan seribuan orang tersebut.

"Di atas kapal tadi sudah kami bagikan masker, selain juga dilakukan penyemprotan disinfektan," katanya.

Fasilitas tempat tinggal bagi ribuan orang itu juga telah disediakan, yaitu di Asrama Sekolah Polisi Negara yang berlokasi di Mojokerto, Jawa Timur, dan Asrama Haji Sukolilo Surabaya. 
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021