Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember mengunjungi Kota Probolinggo untuk menyusun paket wisata terpadu sebagai perwujudan kampanye "Jatim Bangkit" yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur.

Ketua Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo ditemui oleh Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Probolinggo Paini, para staf ahli wali kota, para asisten, kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Probolinggo di Gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Pemkot Probolinggo, Kamis.

"Kebangkitan ekonomi Jatim tidak hanya terfokus pada destinasi wisata saja, namun juga pada kebangkitan ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," kata Ketua Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo di Kota Probolinggo.

Menurutnya pada pertumbuhan ekonomi diharapkan tidak hanya tempat wisata saja yang dikunjungi, tetapi sentra kunjungan UKM yang ada di Kota Probolinggo dan kabupaten/kota yang ada di bawah Bakorwil V perlu dikunjungi.

Sementara Asisten Pemerintahan Sekda Kota Probolinggo Paini mengatakan pemerintah kota maupun masyarakat sudah menunggu program paket wisata terpadu yang akan disusun oleh Pemprov Jatim.

"Kami berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa diwujudkan karena ditunggu oleh pemerintah dan kawan-kawan pelaku dan penggerak wisata," tuturnya.

Efek dari pandemi COVID-19 telah mengakibatkan terpuruknya ekonomi masyarakat, sehingga Pemkot Probolinggo berupaya untuk membangkitkan kembali, salah satunya melalui sektor pariwisata.

"Salah satu upaya meningkatkan geliat pariwisata, kami melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata telah menggagas tujuh destinasi wisata di Kota Probolinggo," katanya.

Destinasi wisata tersebut antara lain Museum Rasulullah, Bee Jay Bakau Resort (BJBR), Pelabuhan Tanjung Tembaga/PPI, situs cagar budaya, batik kuno Probolinggo, Pantai Permata dan wisata seni tari.

Dalam kegiatan pertemuan itu juga hadir perwakilan dari Bakorwil I Madiun, Bakorwil II Bojonegoro, Bakorwil IV Pamekasan, Dinas Perhubungan Jawa Timur dan pegiat pariwisata di provinsi setempat.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021