Sekretaris DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surabaya Cahyo Siswo Utomo dilantik menjadi anggota DPRD Surabaya menggantikan Ibnu Sobir yang meninggal dunia dalam rapat paripurna DPRD Surabaya, Senin.

"Mas Cahyo Siswi Utomo melalui perggantian antar-waktu (PAW) menggantikan Pak Ibnu Shobir yang sudah almarhum," kata Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono usai memimpin rapat paripurna DPRD Surabaya agenda pengucapan sumpah/ janji pengganti antar-waktu anggota DPRD Kota Surabaya masa jabatan 2019-2024.

Adi mengaku bersyukur bahwa pelantikan berjalan lancar dan selebihnya meminta kepada Cahyo Siswo Utomo agar bisa beradaptasi di DPRD Surabaya. "Saya minta Mas Cahyo Siswo Utomo beradaptasi dengan DPRD Kota Surabaya," katanya.

Soal penepatan Cahyo di komisi, Adi mengaku tidak mengetahuinya karena masih menunggu penugasan dari Fraksi PKS.

Sementara itu, Cahyo Siswo Utomo mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Surabaya serta Sekretaris DPRD Surabaya yang telah membantu perjalanan kelancaran acara ini

"Sebagai wakil rakyat dapil 5, tentu tugas saya menyampaikan aspirasi warga dari sembilan kecamatan di sana yang selama ini telah dilakukan oleh almarhum. Insya Allah, saya meneruskan kebaikan beliau (almrhum Ibnu Shobir)," ujar Cahyo.

Untuk penepatan komisi, kata dia, pihaknya akan mengikuti perintah dari partai dan juga hasil rapat fraksi. "Intinya saya menjalankan saja dimulai dengan kebaikan, Insya Allah," katanya.

Cahyo Siswo Utomo lahir di Surabaya pada 24 November 1982 dari pasangan Bagio Siswono dan Sri Winarti Apriastuti. Dia merupakan lulusan SDN Kertajaya XIII, SMPN 1 Surabaya, dan SMAN 5 Surabaya. Pendidikan tinggi ditempuhnya di Jurusan Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS). 

Sejak masa sekolah,  Cahyo telah aktif berorganisasi serta berkecimpung di dunia pendidikan dan pembinaan generasi muda. Itu dilakukan di  sela kesibukannya mengelola usaha di bidang Teknologi Informasi dan Lembaga Pendidikan. 

Cahyo kemudian menjadi pengurus DPD PKS Surabaya sejak 2005 pada Divisi Tunas Bangsa. Lalu pengurus DPW PKS Jawa Timur pada 2010-2015 sebagai Ketua Deputi Pembinaan Tunas Bangsa. Pada kepengurusan DPD PKS Surabaya 2015-2020, ia  dipercaya menjadi sekretaris dan dipilih kembali sejak Desember 2020 lalu sebagai sekretaris DPD PKS Kota Surabaya masa bakti 2020-2025. (*)


 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021