Kota dan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menerima vaksin COVID-19 dari Dinkes Jatim sebanyak 4.480 dosis yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan di kabupaten/kota setempat.

Pemerintah Kota Probolinggo menerima sebanyak 1.480 dosis vaksin COVID-19, sedangkan Pemerintah Kabupaten Probolinggo menerima 3.000 dosis.

"Alhamdulillah vaksin sudah diterima oleh Dinkes Kota Probolinggo sejumlah 1.480 dosis pada Senin (25/1) malam, sehingga secara cepat kami akan melakukan tahapan vaksinasi bagi tenaga kesehatan," kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Selasa.



Menurutnya, jumlah tenaga kesehatan di Kota Probolinggo sebanyak 1.963 orang, sehingga tenaga kesehatan yang akan divaksin akan dilaksanakan secara bertahap dan nantinya akan ada pengiriman lagi.

"Saya berharap kedatangan vaksin di Kota Probolinggo menjadi awal untuk bisa lebih lega menghadapi wabah COVID-19 dan kami harus menunjukkan ke masyarakat vaksin itu aman, namun disiplin protokol kesehatan harus tetap diperhatikan," tuturnya.

Sementara itu, vaksin COVID-19 tiba di Gudang Farmasi Kabupaten Probolinggo sebanyak 3.000 dosis pada Senin (25/1) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr Shodiq Tjahjono mengatakan vaksin COVID-19 sebanyak 3.000 dosis telah dikirim dari Dinkes Provinsi Jatim dan tiba di Gudang Farmasi kabupaten setempat dengan pengawalan aparat kepolisian secara ketat.

"Vaksin tersebut akan didistribusikan kepada para tenaga kesehatan yang terdaftar sebagai sasaran vaksin. Vaksinasi akan dilaksanakan mulai Rabu (27/1) di puskesmas se-Kabupaten Probolinggo," katanya.

Ia mengatakan para tenaga kesehatan di Kabupaten Probolinggo yang terdaftar sejumlah 3.134 orang, sedangkan jumlah vaksin sebanyak 3000 dosis, sehingga tenaga kesehatan yang belum mendapatkan vaksin akan diberikan pada tahap kedua.

Vaksin tiba di Gudang Farmasi Kabupaten Probolinggo diserahkan oleh Hugeng Susanto dari Dinkes Provinsi Jawa Timur kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes setempat Mujoko.



Vaksin yang berjumlah 75 kotak dan tiap kotak berisikan 40 dosis untuk 40 orang dimasukkan ke dalam ruangan pendingin (cool room) dengan suhu 2-8 derajat sesuai dengan ketentuan penyimpanan vaksin. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021