Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni bersama puluhan penggemar olahraga bersepeda di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat, gowes bersama sambil menikmati keindahan alam kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu.

Kendati cuaca mendung dan gerimis, tak menyurutkan mereka untuk mengayuh pedal menjelajahi Banyuwangi, dengan memulai start dari depan pendopo kabupaten setempat.

"Kami sangat menikmati gowes kali ini. Ini adalah olahraga berpariwisata. Jadi sambil berolahraga sekaligus menikmati alam Banyuwangi," kata Ahmad Sahroni di Banyuwangi.

Ia mengaku sangat mengapresiasi perubahan Banyuwangi menjadi sebuah kabupaten yang memiliki prestasi yang baik serta mampu menjadikan daerahnya sebagai destinasi wisata nasional.

"Alhamdulillah saya senang mendapat sambutan yang akrab dan hangat ini. Banyuwangi semakin hari semakin hebat. Saya ingin agar keindahannya terjaga, apalagi banyak orang telah mengakui Banyuwangi sebagai tempat pariwisata. Saya yakin ke depan semakin banyak orang yang berdatangan bila ini dijaga dengan baik," tuturnya.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan terima kasih sudah memilih Banyuwangi sebagai lokasi untuk bersepeda. Banyuwangi telah lama menjadi pilihan bagi atlet dan pehobi sepeda untuk menyalurkan hobinya di Banyuwangi.

Kata Anas, Banyuwangi banyak disebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk bersepeda di Indonesia, dan juga punya sarana olahraga bersepeda yang komplet. Bahkan sepanjang tahun, Banyuwangi juga kerap menyuguhkan event bersepeda.

"Kenapa kami memilih sepeda, karena olahraga ini memiliki penggemar tersendiri yang kian tahun semakin tumbuh penggemarnya," ujarnya.

Banyuwangi tak hanya menggelar event, namun juga menawarkan rute menarik untuk pesepeda, di antaranya dua event sepeda internasional, yakni Banyuwangi Tour de Ijen dan BMX International Championship yang semuanya masuk agenda UCI (persatuan balap sepeda dunia).

"Banyuwangi ini luar biasa terkait dengan medan bersepeda. Banyuwangi dekat dengan pantai dan dekat juga dengan gunung. Sehingga rutenya sangat menarik, ada tanjakan, ada turunan dan ada medan datar, semuanya komplet. Makanya banyak yang bersepeda ke Banyuwangi," kata Azwar Anas. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021