Pasangan suami istri di Situbondo, Jawa Timur, Kamis, meninggal dunia karena terinfeksi virus corona atau COVID-19 setelah keduanya sempat menjalani penanganan medis di rumah sakit rujukan setempat.

Pria berinisial AA (67) dan istrinya M (61), warga Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, ini dirawat di Rumah Sakity Elizabeth Situbondo, sejak 4 Januari 2021 dan pada Kamis meninggal dunia.

"Berdasarkan hasil rekam medis, keduanya memang meninggal karena terpapar COVID-19. Untuk istrinya inisial M itu mempunyai penyakit penyerta yaitu jantung," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro.

Secara keseluruhan, hingga kini tercatat 130 orang warga Situbondo yang meninggal dunia karena terpapar COVID-19, dari total 1,783 kasus positif. Sebanyak 1.567 orang pasien sudah dinyatakan sembuh dan 86 orang masih dirawat dan isolasi.

Satgas Penanganan COVID-19 Situbondo hingga kini juga terus melaksanakan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami terus mengimbau masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," ujar Dadang.

Dadang menambahkan tidak lama lagi vaksin COVID-19 akan didistribusikan ke Kabupaten Situbondo untuk program vaksinasi yang dijadwalkan mulai pekan depan.

"Sesuai arahan pemerintah provinsi, tenaga kesehatan menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 pada tahap pertama, selanjutnya pelayan publik," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021