Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar kembali menggelar pelayanan terpadu guyub-rukun 'Istana' (Imigrasi Tiba untuk Anda), di kantor Kecamatan Ngantru, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa.

Bekerja sama dengan jajaran Polres Tulungagung, petugas Imigrasi proaktif melayani permintaan pengurusan dan pembuatan paspor baru ataupun penggantian yang diajukan warga yang berencana bepergian ke mancanegara.

"Program Istana dalam skema pelayanan guyub-rukun di Tulungagung ini bagian dari komitmen kami dalam mendekatkan produk jasa layanan kepada masyarakat, sekaligus mendukung program WFH (work from home) selama pandemi COVID-19," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II non-TPI Blitar, Murdo Danang Laksono.

Danang turun dan memantau langsung proses pelayaan yang digelar dengan menerapkan standar protokol kesehatan tersebut.

Ia juga menyempatkan beraudiensi dengan sejumlah pemohon paspor baru untuk memastikan program pelayanan Istana diterima dan mendapat respon baik dari masyarakat.

Dalam kegiatan bertema pelayanan guyub-rukun itu, warga juga bisa mengakses pelayanan proses perpanjangan SIM yang diberikan jajaran Satlantas bersama Satpas Tulungagung, pengurusan pajak tahun kendaraan bermotor, pelayanan SKCK hingga penyediaan mobil pintar yang dioperasionalkan Polres Tulungagung. 
 
 

"Acara ini dimaksudkan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan terbaik dalam satu tempat. 'One Stop Servoice', dan semoga ke depannya inovasi seperti ini semakin sering dihadirkan kantor Imigrasi Kelas II non-TPI Blitar demi pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

Program Istana merupakan inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II non-TPI Blitar untuk mendapatkan predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBS).

Dalam teknisnya, pelayanan dokumen keimigrasian tidak hanya diberikan di kantor imigrasi, tapi kantor imigrasi hadir di titik-titik atau pusat berkumpulnya masyarakat.

Maklum, kadang masyarakat yang membutuhkan dokumen keimigrasian tidak memiliki waktu untuk proses pengurusan, sehingga imigrasi berinisiatif datang ke lokasi yang menjadi jujugan masyarakat.

Di sisi lain, memberikan pelayanan di ruang publik menjadi bukti bahwa kantor Imigrasi menerapkan birokrasi bersih bebas korupsi.

Ada sejumlah pelayanan dalam lapak Istana ini. Di antaranya pelayanan informasi dokumen keimigrasian hingga penggantian dan pembuatan paspor baru. "Pelayanan informasi keimigrasian bisa diberikan juga untuk warga negara asing. Tapi untuk penggantian ataupun pembuatan paspor baru, khusus untuk warga negara Indonesia," katanya.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020