Polres Situbondo, Jawa Timur, menyiapkan sebanyak lima pos layanan selama Operasi Lilin Semeru 2020 untuk pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2021 yang difokuskan pada penegakan protokol kesehatan COVID-19.

Kapolres Situbondo AKBP Ach Imam Rifai menyampaikan bahwa pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020 bekerja sama dengan TNI, Satpol PP, instansi terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga melibatkan Satgas Penanganan COVID-19 setempat.

"Selain menjaga situasi kamtibmas dan arus lalu lintas selama Natal dan tahun baru, bersama dengan Satgas Penanganan COVID-19 juga fokus pada penegakan disiplin protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun serta mencuci tangan," kata Kapolres Imam Rifai usai Apel Operasi Lilin Semeru 2020 di Polres Situbondo, Senin.

Ia mengemukakan bahwa Operasi Lilin Semeru 2020 akan digelar selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 dengan fokus kegiatan operasi pada penegakan protokol kesehatan.

Dalam apel operasi lilin itu, Kapolres Situbondo juga membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang intinya bahwa fokus operasi sedikit berubah, yakni pencegahan penyebaran atau munculnya klaster baru pada libur natal dan tahun baru, selain itu juga pengamanan kegiatan masyarakat antisipasi kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas.

Lima pos pelayanan dalam Operasi Lilin Semeru 2020 yang disiapkan Polres Situbondo, yakni di Pom Bensin Utama Raya di Kecamatan Bnayuglugur, Pos Pasir Putih di Kecamatab Bungatan, Pos Kota di Alun-Alun Situbondo, Pos Asembagus di Jalan Raya Asembagus dan Pos Baluran di Kecamatan Banyuputih.

Polres Situbondo juga telah menyosialisasikan dan memberikan imbauan kepada pengelola objek wisata setempat agar melakukan pembatasan pengunjung 50 persen dari kapasitas maksimum tempat wisata selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020