Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, telah melakukan swab test atau tes usap terhadap sembilan orang kontak erat Bupati Situbondo Dadang Wigiarto yang sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"Setelah Bupati Situbondo dinyatakan positif COVID-19 pada Selasa (24/11) kemarin, tim satgas melakukan penelusuran kontak erat dan ada sembilan orang kontak erat dilakukan tes usap," ujar Koordinator Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo Syaifullah di Situbondo, Rabu.

Baca juga: Bupati Situbondo positif terinfeksi COVID-19

Ia menjelaskan bahwa sembilan orang kontak erat dan telah dites usap itu adalah mereka yang tinggal di Pendopo Bupati Situbondo, termasuk istri bupati, yakni Umi Kulsum.

Tes usap sembilan orang kontak erat dengan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto hasilnya masih belum keluar atau belum diterima, kecuali hasil tes usap istri bupati yang dinyatakan negatif COVID-19.

"Dari sembilan kontak erat yang dites usap itu, Ibu Dadang (istri bupati/Umi Kulsum) hasilnya negatif, yang lain belum keluar," kata Sekda Pemkab Situbondo itu.

Baca juga: Sebelas hari dirawat, tenaga kesehatan di Situbondo terinfeksi COVID-19 meninggal dunia

Kata Syaifullah, pihaknya telah melaporkan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenai kondisi Bupati Situbondo yang positif terinfeksi COVID-19.

"Hari ini kami juga telah melaporkan kepada Ibu Gubernur Jawa Timur," tambahnya.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Situbondo meninggal dunia tercatat 75 orang

Informasi yang dihimpun, kegiatan terakhir Bupati Situbondo Dadang Wigiarto sebelum dinyatakan positif COVID-19 adalah menghadiri HUT ke-49 Korpri pada Sabtu (21/11) yang dikemas dalam acara World Clean Up Day di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan.

Sebelum itu, pada 13 November 2020, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto juga menghadiri acara penyerahan penghargaan terbaik kedua Kelompok Budaya Kerja atau KBK Mangrovenesia di Hotel Singhasana Kota Batu.

Hingga saat ini, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dirawat di Ruang Wijaya Kusuma RSUD dr Abdoer Rahem dan kondisinya dilaporkan juga masih stabil serta sedang dalam observasi di rumah sakit.

Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo telah melakukan sterilisasi Pendopo Kabupaten dan ruang kantor bupati di Pemkab Situbondo. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020