Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, menerima sebanyak 1.873.404 (1,87 juta) surat suara Pilkada 2020 sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pilkada setempat ditambah 2,5 persen.

"Kami sudah menerima surat suara sebanyak 1.873.404 lembar dan jumlah tersebut sudah termasuk cadangan 2,5 persen," kata Ketua KPU Jember Muhammad Sya'in di Jember, Selasa.

Menurutnya petugas akan melakukan penyortiran surat suara untuk memastikan surat suara pilkada tersebut dalam kondisi baik dan tidak rusak.

"Pekerja tidak perlu melipat surat suara Pilkada 2020 karena dari pihak percetakan sudah dalam kondisi terlipat, sehingga petugas hanya melakukan penyortiran surat suara rusak saja," tuturnya.

Ia mengatakan penyortiran surat suara pilkada tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat dan kegiatan tersebut tetap mematuhi prosedur protokol kesehatan COVID-19.

"Kami juga tidak akan melibatkan pekerja terlalu banyak seperti pada pemilu sebelumnya karena di situasi pandemi COVID-19, sehingga seminimal mungkin adanya kerumunan terlalu banyak," katanya.

Setelah surat suara pilkada disortir dan dikemas dengan baik, lanjut dia, tahapan selanjutnya akan didistribusikan ke masing-masing kecamatan dengan pengawalan yang ketat dari aparat kepolisian.

"Tidak hanya surat suara, logistik lainnya seperti kotak suara, bilik suara, tinta, segel, alat perlengkapan TPS dan alat pelindung diri (APD) juga sudah diterima KPU Jember," katanya.

Sementara itu, Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon yakni nomor urut 1, petahana Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dari jalur perseorangan yang mendapatkan sebanyak 146.687 surat dukungan.

Kemudian nomor urut 2, pasangan Hendy Siswanto-Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) yang diusung oleh Partai NasDem, Gerindra, Demokrat, PPP, dan PKS dengan jumlah 28 kursi di DPRD Jember.

Nomor urut 3, pasangan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) yang diusung oleh PKB, PDI-P, Golkar, Perindo, PAN, dan Partai Berkarya dengan total 22 kursi DPRD Jember.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jember 2020 sebanyak 1.825.386 pemilih dengan rincian sebanyak 902.327 pemilih laki-laki dan 923.059 pemilih perempuan dengan jumlah 4.752 tempat pemungutan suara (TPS).

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020