Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) terus berusaha menekan penyebaran COVID-19 dengan meminimalisasi pelayanan tatap muka, salah satunya menggunakan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA). 

"Dengan Pandawa, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat mengakses layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan dan ini sangat mempermudah kami," kata Nuning Sri Wulandari (35), salah seorang peserta JKN-KIS asal Kecamatan Babat, Lamongan, Senin.

Ia mengaku dipermudah dengan layanan Pandawa dan telah dirasakan saat mendaftarkan orang tuanya Soman (60) dan Ayu Idayati (60) menjadi peserta JKN-KIS.

‘"Dulu ketika saya mendaftarkan diri sendiri harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan Lamongan yang jaraknya lumayan jauh dengan tempat tinggal saya. Belum lagi peserta yang lain kan banyak. Sekarang cukup lewat WA saya bisa melakukan penambahan anggota keluarga hanya dengan duduk di rumah,” ujar Nuning, menjelaskan.

Nuning yang sudah beberapa kali merasakan pengobatan saat sakit tanpa biaya, mengisahkan saat awal dirinya mengetahui adanya layanan Pandawa. 

Dirinya selalu ingin mengunjungi kantor BPJS Kesehatan, tetapi waktunya untuk berjualan yang selalu menghalangi. Akhirnya, Nuning mendapatkan informasi dari Kader JKN-KIS yang juga merupakan seorang temannya. 

"Saya dapat info dari teman, kebetulan dia memang menjadi Kader JKN-KIS. Saya awalnya mau titip dia untuk mendaftarkan orang tua saya, namun teman saya menjelaskan Pandawa. Kemudian saya sangat tertarik dan memang sebetulnya sudah lama berencana mendaftarkan orang tua’’ jelasnya.

Lebih lanjut, perempuan yang kesehariannya berjualan makanan di sekitar Babat itu juga menjelaskan kemudahan mengakses Pandawa melalui gawai. Hal tersebut tentunya tidak perlu memakan waktu yang lama. 

"Jadi kita simpan saja dulu nomornya 082130004420, kemudian nanti ada link untuk formulir jenis layanan apa yang akan kita gunakan. Setelah mengisi itu kita ikuti saja data-data apa yang harus kita kirimkan lewat WA.  Jadi seperti chatting biasa. Untuk kartunya nanti dikirimkan ke alamat rumah” imbuhnya.

Nuning menambahkan bahwa saat mengisi formulir antrean pada Pandawa terdapat informasi apa saja yang dapat dilayani melalui Pandawa. Selain untuk pendaftaran peserta baru untuk PNS/TNI Polri, Pandawa juga dapat melayani penambahan anggota keluarga, cetak kartu dan registrasi ulang, ubah fasilitas kesehatan, dan perbaikan data peserta. 

Nuning lantas berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah mempermudah akses pelayanan administrasi. Dia juga berharap ke depan semakin banyak kemudahan layanan yang diberikan BPJS Kesehatan.

"Terima kasih BPJS Kesehatan yang telah memberikan kemudahan bagi peserta. Terutama untuk orang-orang yang kesulitan untuk akses ke kantor cabang ataupun yang memiliki waktu terbatas. Dengan adanya kemudahan-kemudahan yang diberikan inilah yang menjadikan peserta lebih semangat juga untuk membayar iuran dan pastinya dapat memberikan kelancaran kita dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Semoga terus bisa meningkat pelayanannya.” tuturnya. 

Sementara itu, selain layanan Pandawa, BPJS Kesehatan juga menyediakan kanal layanan tanpa tatap muka seperti CHIKA (08118750400), VIKA melalui Care Center 1 500 400 maupun aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh baik di Play Store ataupun App Store.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020