Puluhan tukang becak wisata yang biasanya mangkal di sekitar alun-alun Kota Pasuruan, Jawa Timur, mendoakan pasangan Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo (Gus Ipul - Mas Adi) bisa memimpin Kota Pasururan dengan memenangi Pilkada 2020.

Doa bersama itu dipanjatkan setelah tukang becak wisata ini mendengar kabar pasangan Gus Ipul-Mas Adi mendapatkan nomor urut 1 pada pengambilan nomor urut peserta Pilkada Kota Pasuruan.

Budi, salah satu koordinator paguyuban tukang becak wisata, secara simbolis menyerahkan pernyataan sikap dan dukungan tukang becak wisata ke Gus Ipul - Mas Adi.

"Doa bersama ini rangkaian pelengkap dari pernyataan sikap kami mendukung Gus Ipul - Mas Adi. Mudah - mudahan, Gus Ipul - Mas Adi bisa membawa perubahan untuk kota Pasuruan," kata dia.

Budi mengatakan anggota paguyuban becak wisata ini ada 100 orang. Selama lima tahun ini, paguyuban tukang becak ini tidak tersentuh program pemerintah sama sekali.

"Artinya liar. Padahal becak wisata ini adalah salah satu sarana transportasi untuk wisata religi, tapi tidak diperhatikan sama sekali," ujarnya.

Terpisah, Gus Ipul mengatakan sudah meminta doa ke semua elemen masyarakat kota Pasuruan, mulai dari tokoh agama yakni kiai, habaib, dan lainnya. Ada juga tokoh masyarakat, termasuk di dalamnya tukang becak, tukang parkir, dan pedagang kaki lima.

"Saya memohon doanya mudah - mudahan, pencalonan saya dan Mas Adi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan diberikan kemudahan, kelancaran dan bisa memimpin Kota Pasuruan untuk lima tahun ke depan," ucap-nya.

Gus Ipul berjanji jika nanti terpilih dan diberi amanah untuk memimpin kota Pasuruan bersama Mas Adi, pihaknya akan menggandeng tukang becak wisata ini sebagai salah satu elemen untuk memajukan wisata religi di kota Pasuruan ini.

Pada Pilkada Kota Pasuruan 9 Desember, KPU setempat telah menetapkan dua pasangan calon.

Rinciannya, yakni pasangan Gus Ipul-Mas Adi diusung koalisi partai politik, yakni PKB (8 kursi), Golkar (7 kursi), PKS (3 kursi), PAN (2 kursi), PPP (1 kursi) serta Partai Gelora (partai baru).

Kemudian, pasangan Raharto Teno Prasetyo dan M Hasyim Asyari (TEGAS) yang diusung Partai Hanura (3 kursi), PDI Perjuangan (2 kursi), Partai NasDem (1 kursi) dan Partai Gerindra (3 kursi).

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020