Asuransi Astra Kediri, Jawa Timur,   dalam rangka peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional pada 23 September 2020 serta menghindari penyebaran COVID-19, memberikan paket bahan pokok serta masker transparan untuk penyandang disabilitas tunarungu.

"Kami ingin berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan tak terkecuali teman-teman tunarungu di sekitar kami agar dapat bertahan dan memberikan semangat untuk harapan yang lebih baik di masa mendatang. Semoga badai ini cepat berlalu, bersama kita pasti bisa melalui semua cobaan ini," kata Branch Head Asuransi Astra Kediri Michael Stefan di Kediri, Rabu.

Ia berharap seluruh masyarakat selalu mengenakan masker.

Namun, untuk penyandang disabilitas terutama yang tunarungu kesulitan jika mengenakan masker biasa, karena mereka yang tunarungu mengandalkan membaca gerak bibir dan ekspresi wajah lawan bicara saat ingin berkomunikasi.

Oleha karena itu, ia sengaja membuat masker dengan model transparan, sehingga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bisa mendengar (tunarungu). Mereka bisa membaca gerak bibir dari lawan bicara, sehingga memahami yang dibicarakan oleh orang lain.

Michael berharap masyarakat mendukung disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi karena mereka juga mempunyai karya luar biasa, dengan bisa membuat masker transparan, bahkan dibagikan gratis ke masyarakat.

"Harapan kami masyarakat semakin sadar teman-teman tunarungu juga mempunyai hak yang sama dengan masyarakat lain untuk dapat pekerjaan juga," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Asuransi Astra Kediri membagikan 250 unit masker yang ramah bagi para penyandang disabilitas tunarungu yang tergabung dalam Gerkatin Kota Kediri.

Asuransi Astra Kediri juga memberikan bantuan berupa 50 paket bahan pokok yang berisi beras, gula pasir, minyak, kecap manis, tepung terigu, susu bubuk, dan mie instan.

Seluruh masker ramah tunarungu dan paket bahan pokok tersebut juga diserahkan secara simbolis oleh Branch Head Asuransi Astra Kediri Michael Stefan kepada Ketua Gerkatin Jawa Timur Maskurun Yuyun dan Ketua Gerkatin Kota Kediri Moch. Amy Pratama.

Selain di Kota Kediri, Asuransi Astra juga menyalurkan paket bahan pokok dan masker transparan yang tersebar di 24 kota lainnya di seluruh Indonesia.

Total terdapat 6.400 masker ramah tunarungu dan 1.100 paket bahan pokok diberikan kepada berbagai komunitas/ lembaga peduli kesejahteraan teman tuli di Indonesia.

Penyerahan bantuan
sengaja dilakukan pada 23 September 2020 yang bertepatan dengan peringatan Hari Bahasa Isyarat Internasional, sekaligus sebagai perayaan HUT Asuransi Astra yang jatuh pada tanggal 12 September 2020.

"Semoga donasi bahan pokok dan masker transparan ini bermanfaat," kata Michael.

Sementara itu, Ketua Gerkatin Jawa Timur Maskurun Yuyun berterima kasih dengan bantuan tersebut. Nantinya, bantuan itu didistribusikan kepada para penyandang tunarungu di Kediri dan sekitarnya.

"Kami berterima kasih dan semoga terus sukses," kata Yuyun. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020