Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melibatkan takmir masjid untuk mengingatkan seluruh masyarakat dalam penegakan disiplin protokol kesehatan COVID-19 karena peran takmir diyakini sangat besar mengajak warga patuh.

"Kami minta tolong kepada banyak pihak, termasuk para takmir masjid. Beliau-beliau sangat berperan strategis, misalnya bisa diumumkan di mushala dan masjid untuk mengingatkan warga agar selalu rajin mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, selalu menjaga kondisi kesehatan dengan konsumsi gizi seimbang dan rajin berolahraga," ujar Bupati Anas di Banyuwangi, Selasa.

Mengenai pelibatan takmir masjid untuk turut membantu masyarakat patuh protokol kesehatan, Bupati Anas telah bertemu dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan takmir masjid beberapa waktu lalu di tempat terbuka, di halaman pendopo kabupaten setempat.

Menurut Azwar Anas, Kabupaten Banyuwangi kini kembali menjadi zona oranye setelah tingkat kesembuhan pasien COVID-19 terus meningkat.

"Kami semua bersyukur tingkat kesembuhan COVID-19 di Banyuwangi terus meningkat. Per Senin (21/9) kemarin, sudah 901 pasien sembuh atau sudah 77 persen dari total pasien positif. Insya Allah dengan dukungan para tenaga medis, tenaga kesehatan, disiplin pasien dan doa seluruh warga Banyuwangi, ada 201 pasien yang dalam perawatan bisa segera dinyatakan sembuh," tuturnya.

Bupati Azwar Anas kembali mengingatkan warga untuk terus disiplin mematuhi protokol kesehatan agar Banyuwangi tidak kembali ke zona bahaya. Salah satu cara untuk menekan terjadinya kasus penularan, lanjut dia, adalah dengan memastikan  protokol kesehatan dijalankan dengan benar.

"Mari kita bersama-sama patuh pada protokol kesehatan COVID-19 dan kita ingatkan lingkungan di sekitar kita," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020