Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa) yang dikeluarkan BPJS Kesehatan semakin memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), karena menghindari penyebaran COVID-19 dan meminimalisasi kunjungan peserta.

Salah satu peserta JKN-KIS asal Pulopancikan, Gresik, Cindra Aprilia Takumansang di Gresik, Jumat, mengakui hal itu dan dia merasa dengan Pandawa bisa membuat efisiensi waktu serta tenaga.

Perempuan 24 tahun itu mengaku senang dengan adanya layanan yang menggunakan media sosial tersebut, karena pas untuk kondisi sekarang yang masih memasuki masa pandemi COVID-19.

"Sangat bagus sekali, sehingga tidak perlu tatap muka dan cukup menggunakan WA yang tentunya sudah melekat dengan keseharian kita," kata Cindra.

Bagi Cindra, layanan berbasis gawai ini banyak membantu ia dan keluarganya. Dengan hanya mengirimkan pesan singkat melalui WA yang sesuai dengan alur pelayanan yang ditetapkan, dirinya dapat menikmati berbagai jenis menu administrasi pelayanan BPJS Kesehatan.

Hal tersebut cukup menyingkat waktu Cindra yang sebelumnya harus datang ke kantor cabang.

"Jadi nanti kita tinggal chat melalui WA ke nomor petugas BPJS Kesehatan Cabang Gresik, kemudian nanti akan muncul beberapa pilihan pelayanan. Kita sampaikan sesuai dengan format yang diberi, seperti menulis nama, nomor BPJS kita, nomor handphone, dan kode jenis layanan yang kita inginkan. Saat itu saya butuh untuk perubahan identitas, saya tinggal ikuti petunjuk yang telah dikirimkan oleh petugas. Jika ada berkas yang diperlukan seperti KTP atau KK cukup difoto dan dikirimkan melalui WA tersebut,” ujarnya.

Cindra yang merupakan peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) sejak tahun 2013 silam ini, mengungkapkan bahwa telah banyak manfaat lainnya yang ia rasakan khususnya ketika ia atau keluarganya harus berobat. Ia tidak pernah mengeluarkan biaya tambahan apabila berobat menggunakan kartu JKN-KIS.

"Selain saya memanfaatkan kemudahan layanan administrasi, saya juga telah banyak memakai kartu JKN-KIS ini saat berobat. Terutama anak-anak saya, biasanya kan memang anak-anak sering sakit misalnya radang tenggorokan, demam, batuk, flu. Nah saat itu saya bawa berobat ke klinik, ternyata tidak ada tambahan biaya lho,” pungkas Cindra.

Bukan hanya pelayanan gawainya yang menuai pujian karena cepat memberikan respon, tapi pelayanan di fasilitas kesehatannya juga sangat responsif. Hal itulah yang membuat Cindra sangat bersyukur karena telah menjadi peserta JKN-KIS. Menurutnya, menjadi peserta JKN-KIS selalu memberikan ia keuntungan.

"Pelayanannya itu cepat tanggap, tidak mengenal waktu dalam memberikan pelayanan dan tidak juga dibeda-bedakan dengan pasien umum. Saya sangat bersyukur sudah menjadi peserta JKN-KIS, tidak ada ruginya bagi saya. Saya justru banyak untung, berobat tanpa perlu pikir biaya," terangnya.

Ibu dua anak ini lantas berharap agar BPJS Kesehatan dapat terus memberikan berbagai kemudahan pelayanan serta dapat menjadi penjamin kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat. Karena baginya, memiliki jaminan kesehatan itu sudah menjadi kewajiban bagi seluruh umat manusia sehingga dirinya juga wajib mendukung program yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan ini.

"Saya senang sekali dengan inovasi-inovasi yang dibuat BPJS Kesehatan ini, kami dibuat semakin mudah jika memerlukan hal-hal yang sebelumnya harus datang ke kantor cabang sekarang semua bisa lewat handphone. Semoga program JKN-KIS ini dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya. Saya rasa semua mayarakat juga harus sadar akan pentingnya jaminan kesehatan. Terima kasih pemerintah dan BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu, beberapa jenis pelayanan yang dapat dimanfaatkan melalui Pandawa selain perubahan identitas, juga dapat dimanfaatkan untuk pengurangan anggota keluarga, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), perubahan kelas, pengaktifan dan penonaktifan WNI dari dan ke Luar Negeri, cetak dan kirim kartu, pendaftaran baru untuk peserta mandiri, perubahan data untuk PNS/TNI/POLRI, pengaktifan kembali kartu anak Pekerja Penerima Upah (PPU) yang berusia >21 Tahun, serta pendaftaran Bayi Baru Lahir.

Adapun layanan tersebut dapat diakses dengan hanya mengirimkan pesan melalui WA ke nomor PANDAWA BPJS Kesehatan Cabang Gresik (0821 3000 4420). (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020