Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 dengan civitas akademika melalui daring dan tatap muka dengan program Sambut Mahasiswa Baru (Samba) episode Merdeka, Selasa.

Sekitar 150 mahasiswa baru episode Merdeka dikenalkan kepada civitas akademika melalui daring dan tatap muka. Karena episode Merdeka, mahasiswa baru yang hadir, undangan maupun pengisi acara semua mengenakan baju merah putih dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Agenda Samba ini akan kita lakukan hingga beberapa episode, sebab bagaimana pun maba adalah keluarga baru IKIP Budi Utomo (IBU), jadi sudah selayaknya kita sambut kedatangan mereka, kebetulan kali ini episode-nya Kemerdekaan," kata Rektor IKIP Budi Utomo Malang Dr H Nurcholis Sunuyeko di sela kegiatan Samba di kampus setempat.

Tercatat 1.700 calon maba dari Malang Raya dan Indonesia Timur mendaftar ke kampus IBU Malang. Sebelumnya ada 50 mahasiswa baru yang mengikuti  "Go to Samba 2020" periode pertama. Mereka terdiri dari 25 maba yang langsung hadir di IBU dan 25 maba lainnya lewat youtube streaming.
 
Lebih lanjut, doktor Sosiologi itu mengatakan Samba episode Merdeka ini sebagai lambang civitas akademika IBU harus bersegera menyambut antusiasme mahasiswa baru.

"Mereka ini kan sudah memilih kuliah di IBU dengan melakukan daftar ulang. Sekarang jadi tugas kami menyambut dengan suka cita, jangan sampai antusiasme mereka untuk kuliah terhambat hanya karena kami tidak bergerak cepat memastikan status mereka sebagai mahasiswa," paparnya.

Saat pelaksanaan Samba episode Merdeka, IBU tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, seperti harus melalui pemeriksaan thermo gun saat masuk kampus, menggunakan masker, face shiels bagi seluruh maba dan dosen, cuci tangan di wastafel yang sudah disiapkan, serta menjaga jarak fisik ketika mengikuti acara.

"Bagi calon mahasiswa yang sudah mendaftar, segera daftar ulang (registrasi) agar bisa berjumpa di Samba episode berikutnya," ujarnya.

Penyambutan mahasiswa baru yang dikemas dalam "Samba 2020 episode Kemerdekaan" untuk menyongsong generasi berbudi utama yang merdeka dalam belajar itu dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama alumni yang bekerja di berbagai profesi, salah satunya mantan pemain Arema yang juga pemain Timnas Arief Suyono.

Dari sekitar 1.700 maba yang mendaftar di IBU Malang pada tahun akademik 2020/2021, ada dua nama pesepak bola Tanah Air, yakni Jericho Cristantoko, pemain Persijap Jepara dan Iman Budi Santosa pemain Persis Solo. Ada beberapa pemain sepak bola Tanah Air yang juga alumni IBU, di antaranya Achmad Bustomi, Juan Revi dan Saddil Ramdani. (*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020