Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meninjau langsung pelaksanaan tes cepat massal gratis yang digelar PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis.

Pelindo III menggelar tes cepat massal secara gratis dengan menyediakan 3.000 rapid test kit di Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Tanjung Wangi secara bergelombang selama tiga hari.

"Apa yang dilakukan oleh Pelindo III ini menjadi salah satu cara untuk mendeteksi dini dan memitigasi penyebaran COVID-19, terima kasih BUMN," ujar Bupati Anas.

Tes cepat massal gratis itu diprioritaskan untuk anak buah kapal (ABK), warga di sekitar pelabuhan, dan pelaku logistik yang digelar secara bertahap selama tiga hari.

Menurut Anas, saat ini pihaknya juga terus menambah upaya tes cepat bagi warga untuk mendeteksi dan berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kami terus melakukan tes cepat secara acak, khususnya di lokasi-lokasi yang biasanya merupakan tempat bertemunya banyak orang, seperti pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Kami saat ini juga sudah kembali memesan sepuluh ribu alat tes cepat untuk pemeriksaan gelombang berikutnya," ucapnya.

Azwar Anas terus mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar maupun dalam lingkungan rumah.

"Mari semuanya tetap patuhi protokol kesehatan, baik ketika beraktivitas di rumah maupun di luar rumah," kata Anas.

Sementara itu, General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Wangi, Banyuwangi M Nizar Fauzi mengatakan bahwa tes cepat massal dilaksanakan selama tiga hari, sejak Selasa (2/6) hingga Kamis.

"Per pagi hari ini, ada satu orang yang hasil tes cepatnya menunjukkan reaktif, kemudian ditindaklanjuti ke otoritas kesehatan. Nanti kami update lagi perkembangannya," katanya.

Pelindo III sebelumnya juga melaksanakan tes cepat massal gratis di Pelabuhan Jangkar Situbondo terhadap semua calon penumpang kapal feri yang akan menyeberang ke kepulauan Madura. Tes cepat itu juga sebagai syarat bagi calon penumpang untuk memperoleh tiket kapal. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020