Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi menyerahkan bantuan dari sumbangan BUMN Indo Farma, Kimia Farma dan Pertamina melalui PT Garam berupa alat-alat kesehatan di empat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan beberapa puskesmas di Pulau Madura.

Keempat RSUD itu masing-masing RSUD Moh Anwar di Kabupaten Sumenep, RSUD dr H Slamet Martodirdjo di Pamekasan, lalu RSUD dr Mohammad Zyn di Kabupaten Sampang dan RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu di Kabupaten Bangkalan, serta sejumlah puskesmas.

"Penyaluran bantuan alkes ini sebagai bentuk dukungan kepada para tenaga medis di tengah pandemi COVID-19, dan kami berharap, para tenaga medis dapat melayani masyarakat dalam kondisi aman," katanya dalam rilis yang diterima ANTARA di Pamekasan, Selasa.

Pengajuan bantuan BUMN ini bekerja sama dengan Klepean Centre for Humanity, yakni sebuah organisasi nirlaba yang berpusat di Kabupaten Pamekasan.

Adapun penyaluran di empat kabupaten di Pulau Madura diwakili oleh para staf di daerah pemilihan bersama perwakilan PT Garam.

Bantuan yang disalurkan berupa ADP Disposable sebanyak 751 buah, sepatu 76 buah, pompa disinfektan sebanyak 32 buah, APD Lengkap sebanyak 76 buah, masker medis sebanyak 376 buah, disinfektan sebanyak 1.500 buah, hand sanitizer sebanyak 151 buah.

Jenis alat-alat kesehatan lainnya ialah masker kain sebanyak 30.000 buah, dan wastafel sebanyak 16 buah.

"Awiek" sapaan karib Achmad Baidowi ini juga mengapresiasi langkah Kementerian BUMN yang sudah membentuk Satgas anti-COVID-19, karena hal itu sejalan dengan slogan BUMN Hadir untuk Negeri.

"Kami menyampaikan terimakasih kepada PT Pertamina, PT Kimia Farma, PT Indo Farma, dan PT Garam yang telah berpartisipasi dalam penanganan COVID-19 melalui PKBL," ujar Sekretaris Fraksi PPP ini.

Ia juga mengapresiasi pengurus Klepean Centre for Humanity yang turut aktif dalam kegiatan penanganan COVID-19.

Menurutnya, kepedulian elemen masyarakat sangat diperlukan dalam menahan laju penyebaran virus mematikan tersebut.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Pamekasan Achmad Marsuki menyampaikan terima kasih atas kepedulian wakil rakyat asal Pulau Garam itu.

"Bantuan ini memang sangat dibutuhkan, dan sesegera mungkin kami distribusikan," kata Marsuki. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020