Sejumlah relawan membagikan paket kebutuhan pokok untuk warga di Desa Paron, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang melakukan isolasi mandiri setelah temuan warga positif corona di daerah tersebut.  

"Semoga bantuan ini dapat membantu serta meringankan beban warga yang terisolasi akibat pandemi COVID- 19,"  kata Yogi, koordinator relawan setelah pemberian paket kebutuhan pokok, Rabu.

Menurut dia,  total ada 130 paket yang dibagikan untuk warga. Isi paket itu merupakan beberapa kebutuhan pokok seperti beras, telur ayam, dan mi instan. 

Diharapkan dengan paket bantuan logistik tersebut warga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pemberian paket dilakukan dari rumah ke rumah, sehingga tepat sasaran. 
 
Selain membagikan paket bahan pokok, para relawan tersebut juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya mencegah serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah tersebut. 

"Dengan langkah ini semoga penyebaran COVID-19 dapat dicegah," kata Moga, relawan lainnya. 

Sementara itu, Sekretaris Desa Paron Kabupaten Kediri Estin Widyaningsih menyatakan terima kasih dan sangat mendukung kegiatan para relawan tersebut. Bantuan itu sangat berarti untuk warga yang saat ini melakukan isolasi mandiri. 

"Saat ini ada 13 orang yang diisolasi karena kontak lngsung dengan pasien positif yang meninggal. Selain itu ada kurang lebih 60 orang yang masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP)," kata dia. 

Pihaknya juga sudah membuat langkah-langkah antisipasi penyebaran virus corona, seperti memberlakukan jam malam yakni mulai pukul 21.00 WIB hingga jam 05.00 WIB. Di jam tersebut, akses jalan menuju desa ditutup. 

Pihaknya juga mengimbau, masyarakat menjaga kebersihan serta kesehatan dengan rutin melakukan cuci tangan, serta menghindari berpergian ke tempat ramai dan mengurangi aktivitas di luar rumah yang tak perlu. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020