Mobil Armored Water Cannon (AWC) Kepolisian Resor Jember menyemprotkan cairan disinfektan di sejumlah ruas jalan protokol dan pasar tradisional untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa.

"Mobil AWC itu berkeliling dari mapolres ke lokasi titik-titik keramaian untuk menyiramkan sekitar 10 ribu liter cairan disinfektan," kata Wakapolres Jember Kompol Windy Syafutra di Jember.

Rombongan mobil AWC dengan dikawal patroli lalu lintas berangkat dari Mapolres Jember, kemudian melewati Jalan Ahmad Yani, Jalan Trunojoyo, Jalan Samanhudi, Jalan Diponegoro, kemudian arah alun-alun, Jalan A.Yani dan belok kanan kembali ke Mapolres Jember.

"Penyemprotan disinfektan dengan mobil AWC Polres Jember itu juga menyiram tempat tempat keramaian, seperti halnya di kawasan Pasar Tanjung yang banyak berkumpulnya masyarakat," tuturnya.

Selain penyemprotan disinfektan, lanjut dia, Polres Jember juga melakukan imbauan dan sosialisasi bagaimana cara mengantisipasi virus Corona dengan melalukan cuci tangan yang benar dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Dengan penyemprotan sebanyak 10 ribu liter cairan disinfektan, kami berharap selama kurang lebih sembilan jam ke depan dapat mengurangi penyebaran COVID-19," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono juga sudah melakukan inspeksi mendadak ke polsek-polsek jajaran Polres Jember untuk memantau secara langsung kebersihan polsek jajaran dan kesiapan mencegah penyebaran virus Corona di masing-masing wilayah.

"Kami juga menerapkan kebijakan protokol penanganan COVID-19 untuk semua pengunjung yang masuk ke Mapolres Jember, baik anggota polisi maupun masyarakat wajib disemprot disinfektan dan diukur suhu tubuhnya," tuturnya.

Ia menjelaskan proses penyemprotan disinfektan dan pengukuran suhu tubuh itu dilakukan sejak pagi saat para anggota polisi mulai mengawali kegiatan dan masyarakat butuh pelayanan polisi.

"Dengan penerapan tersebut, kami semaksimal mungkin berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus Corona karena Polres Jember merupakan tempat pelayanan masyarakat," ucapnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020