Puncak Pekan QRIS Nasional (PQN) 2020 yang digeber Kantor Perwakilan bank Indonesia Malang ditutup dengan lomba zumba berhadiah jutaan rupiah yang dilangsungkan di Lapangan Rampal, Kota Malang, Sabtu.

Hadiah kompetisi zumba sebesar Rp9 juta untuk sembilan pemenang atau masing-masing pemenang mendapatkan hadiah sebesar Rp1 juta.

"Hadiah Zumba Party jingle QRIS akan diberikan dalam bentuk uang elektronik, dengan kategori the best costume, the best performance dan the most favorite," kata Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran dan Keuangan Inklusif KPw BI Malang Fida Affa Arif di sela kegiatan PQN di Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Bagi yang belum beruntung mendapatkan uang elektronik masing-masing senilai Rp1 juta, tak perlu khawatir, sebab masih banyak doorprize lainnya. Syarat memperoleh kupon doorprize cukup mudah, yakni hanya bertransaksi minimal senilai Rp 0 ribu akan mendapat satu kupon dan berlaku kelipatan.

Pada puncak PQN, BI Malang  juga menyiapkan hadiah berupa satu unit sepeda motor, dua LED TV, 1 unit kulkas dua pintu, sepeda angin serta hadiah menarik lainnya. Selain itu, juga ada bazar 15 merchant dengan beragam produk, seperti batik, kopi, makanan dan minuman.

"Setiap belanja Rp10 ribu dapat satu kupon, masing-masing merchant menyediakan barcode QRIS jadi transaksinya harus menggunakan semua aplikasi uang elektronik seperti LinkAja, OVO, GoPay, Shopeepay dan lainnya," kata Fida.

PQN 2020 juga dimanfaatkan BI Malang untuk mengampanyekan hidup sehat melawan virus Corona. Kampanye dilakukan dengan melakukan gerakan Tik Tok mencuci tangan yang saat ini sedang happening, serta imbauan pola hidup sehat yang disampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Ia berharap dengan PQN 2020 akan semakin banyak masyarakat yang paham apa itu QRIS, kemudian menggunakan. "Tahun lalu kami tahap pengenalan dan tahun ini sudah tahap penggunaan, melalui bazar yang transaksinya menggunakan barcode QRIS. Jadi arahnya ke user experience," kata Fida.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan saat ini Indonesia sedang mengalami transformasi digital diberbagai aspek kehidupan. Digitalisasi telah mengubah konsep bagaimana proses bisnis dilaksanakan, perusahaan berinteraksi dan bagaimana konsumen akan mendapatkan layanan, informasi, dan barang.

"Kondisi ini sebagai dampak dari inovasi teknologi yang berkembang pesat, perubahan perilaku masyarakat dan dunia usaha ke arah digital, sehingga otoritas kebijakan berinovasi merespons perubahan-perubahan tersebut untuk kebaikan bangsa," tuturnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020