Wali Kota Madiun Maidi menyatakan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 yang mulai dibahas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Madiun bersama OPD dan tokoh masyarakat setempat harus dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah setempat.

"Ada enam bidang prioritas pembangunan yang masuk dalam RKPD Kota Madiun tahun 2021. Pelaksanaan pembangunan kesemua bidang tersebut harus bisa push jalannya ekonomi kreatif di Kota Madiun," ujar Wali Kota Maidi dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Madiun dan Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah tahun 2021 di Hotel Aston Madiun, Rabu.

Maidi merinci enam konsep pembangunan di Kota Madiun dalam RKPD 2021 tersebut, meliputi kemudahan mendapatkan pendidikan yang berkualitas, kemudahan mendapatkan layanan kesehatan untuk mewujudkan hidup sehat, lalu kemudahan berinvestasi. Kemudian, kestabilan harga pangan dan akses sehingga masyarakat mudah memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, serta pembangunan yang ramah lingkungan demi terjaganya ekosistem.

"Jika keenamnya itu masuk, kemudian ekonomi kreatif juga jalan, maka kunci akhir dari pelaksanaan pembangunan untuk terciptanya kesejahteraan warga Kota Madiun akan terwujud," kata Maidi.

Di era kini, dalam membangun suatu daerah haruslah terprogram dan berwawasan ke depan. Maka dari itu, demi mencapai kemajuan bersama dibutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat. 

"Seluruh elemen masyarakat harus diajak berunding. Wali kota punya wewenang tapi tidak boleh sewenang-wenang. Bappeda harus pandai menerima usulan tapi tidak lepas dari RPJMD atau Panca Karya," katanya.

Maidi menambahkan, penyusunan rencana awal RKPD 2021 juga dalam rangka mewujudkan keterkaitan pembangunan prioritas nasional dengan Kota Madiun, antara lain meningkatkan SDM berkualitas, keunggulan kompetitif wilayah, dan infrastruktur berkelanjutan untuk mendukung industri pariwisata.

Selain itu juga pengembangan potensi ekonomi daerah dan pariwisata yang didukung SDM berkualitas dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

Dalam forum konsultasi publik rencana awal RKPD tersebut, Maidi berharap ada masukan program-program strategis yang perlu mendapatkan perhatian dan harus segera dilaksanakan.
 
Melalui forum konsultasi publik ini, pihaknya juga ingin agar kualitas perencanaan benar-benar dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program-program yang telah disusun.

Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Madiun dan Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah tahun 2021 yang digelar Bappeda tersebut diikuti oleh para kepala OPD, Camat, Lurah, dan tokoh masyarakat. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020