Pulau Dewata tidak hanya dikenal memiliki panorama alam yang indah dan budayanya yang kental. Pulau tersebut juga tersohor memiliki cita rasa masakan yang memanjakan lidah para petualang kuliner. Salah satunya adalah menu masakan ikan laut  (seafood).

Soal seafood di Bali, tentu Jimbaran yang terdapat di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung adalah juaranya. Di sore hari hingga malam, tempat wisata Jimbaran ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun domestik. 

Di daerah tersebut banyak terdapat rumah makan di tepi pantai yang menyajikan menu aneka seafood nan menggugah selera. Dikatakan juara karena makanan laut yang dihidangkan tersebut segar, hasil tangkapan dari laut oleh nelayan setempat. Kesegaran bahan tersebut dipadu dengan bumbu khas olahan Bali yang maknyuss.

"Dulunya, Jimbaran dikenal sebagai kampung nelayan. Karenanya, tempat itu menjadi salah satu lokasi untuk mendapatkan aneka jenis ikan laut," ujar seorang Tourism Guide Bali, Ni Nyoman Dewi.

Seiring pesatnya perkembangan pariwisata di Bali, Jimbaran menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena panorama pantainya yang indah dan ditunjang dengan kuliner ikan lautnya. 

Sebagian besar pengunjung yang datang ke Jimbaran, selain mencari hidangan laut khas Bali, juga untuk melihat pemadangan matahari terbenam atau "sunset" yang aduhai. 

Suasana romantis pemandangan sunset sambil menyantap hidangan laut yang lezat, dipadu dengan desiran suara ombak di pantai dengan pasir putihnya, merupakan pengalaman yang luar biasa saat dinner di Jimbaran.

Adapun menu seafood yang dihidangkan di tempat tersebut di antaranya, ikan jenis lautr, cumi–cumi, kerang, lobster, kepiting, dan udang. Memasaknya bisa dibakar ataupun digoreng. Hidangan laut tersebut disajikan dengan nasi hangat, sayur plecing kangkung khas Bali, sambal, lengkap dengan es kelapa muda, air mineral, dan buah segar. 

Para pengunjung bebas menentukan seberapa banyak ikan yang diinginkan. Biasanya sebelum diolah, pengelola restoran akan menghitung per gramnya dari masing–masing jenis hidangan laut yang diinginkan. 

Harga makanan di pantai Jimbaran Bali pun bervariasi, tergantung dari menu seafood yang dipilih. Yakni mulai dari Rp60 ribu hingga ratusan ribu rupiah per menu. Namun, apabila ingin murah, pengujung bisa membeli paket yang ditawarkan, mulai dari paket paling ekonomis sekitaran Rp85 ribu hingga jutaan rupiah, tergatung dari jenis isian paket yang dipilih.

Salah satu pengunjung asal Madiun, Jawa Timur, Rahayu mengaku terpukau dengan makan malam menu seafood sambil melihat sunset di Jimbaran, Bali. Ia merasakan sensasi yang luar biasa saat menikmati "dinner" di tempat tersebut.

"Tempatnya romantis, makanananya enak, pokoknya juara. Ingin suatu saat nanti bisa kembali ke sini saat berwisata ke Bali," kata dia.

Suasana makan malam yang romantis itu semakin indah karena ditemani temaram cahaya lilin yang dipasang pengelola restoran di meja-meja yang tertata rapi di tepi pantai. 

Belum lagi, terdapat hiburan musik yang semakin membuat suasana tambah syahdu. Maka tak salah jika lokasi tersebut sangat cocok didatangi oleh keluarga, pasangan, maupun rombongan teman. 

Penasaran dengan suasana dan rasanya makanan. Agendakan berkunjung ke Jimbaran jika anda sedang berlibur di Bali. Dijamin akan ketagihan... (*)




 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020