Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief mengaku enggan maju kembali mendampingi Bupati Jember Faida dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun 2020.

"Saya akan pulang kampung dan kembali fokus mengurus pesantren, karena saya mengemban amanah yang tidak bisa ditinggalkan di kampung halaman," kata Wabup A. Muqit Arief usai menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT Ke-91 Kabupaten Jember di Alun-Alun Jember, Senin.

Hal tersebut disampaikan juga karena beredar foto formulir surat pernyataan dukungan bakal pasangan calon perseorangan atau form model B.1-KWK perseorangan dalam Pilkada Jember 2020 untuk nama bakal pasangan calon Faida dan A. Muqit Arief di media sosial.

"Saya sudah sampaikan kepada Bupati Faida akan membantu semaksimal mungkin dalam pemerintahan hingga masa jabatan Wabup Jember selesai sesuai dengan SK pada tanggal 17 Februari 2021. Namun, setelah itu saya akan kembali ke pesantren," tuturnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah di Kecamatan Silo tersebut ingin mengabdikan hidupnya untuk masyarakat Jember di bidang pendidikan dan sosial melalui pesantren sehingga tidak ingin kembali ke jalur politik dengan maju menjadi bupati atau wakil bupati dalam pilkada serentak tahun ini.

"Secara pribadi saya ingin fokus pada pesantren dan kemungkinan besar kembali mengurus Pesantren Al-Falah. Namun, saya tidak tahu takdir yang ditentukan untuk saya nanti," katanya.

Wabup Jember yang biasa dipanggil Kiai Muqit itu juga tidak mau berandai-andai apabila ada partai atau dukungan masyarakat yang menginginkan maju dalam bursa Pilkada Jember 2020.

"Banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa sebenarnya dibalik tugas saya sebagai Wabup Jember, ada amanah yang tidak bisa ditinggalkan di kampung halaman, yakni mengurus pesantren," ujarnya.

Beberapa nama yang dikabarkan maju dalam Pilkada 2020, bahkan mereka sudah mendaftar sebagai bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati melalui sejumlah partai, di antaranya petahana Bupati Jember Faida, pengusaha asal Jember Hendy Siswanto, mantan Kepala Dinas PU Cipta Karya Pemkab Jember Rasyid Zakaria, pengusaha properti Abdussalam, mantan Kepala BPN Jember Djoko Susanto, dan mantan Ketua KPU Kabupaten Jember Achmad Anis.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020