Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, mengajak puluhan siswa Taman Kanak-Kanak (TK) menanam bibit pohon lewat program Polri Peduli Penghijauan sebagai upaya memberikan edukasi peduli lingkungan sejak dini.

"Penanaman seribu bibit pohon dengan melibatkan anak-anak TK, bertujuan mengedukasi lingkungan hidup sejak dini, betapa pentingnya lingkungan sekitar kita," kata Kapolres Situbondo AKBP Sugandi, di sela penanaman seribu bibit pohon di kawasan Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Situbondo, Jumat.

Selain itu, menurut ia, penanaman seribu boibit pohon bertujuan untuk mewariskan kepada generasi penerus tentang pentingnya penghijauan. Karena dengan penghijauan, lanjut dia, diharapkan kualitas udara jadi lebih baik dan bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam melaksanakan program Polri Peduli Penghijauan, Kapolres Sugandi menyebutkan, seribu bibit pohon berbagai jenis yang ditanama itu di antaranya, mulai dari bibit pohon sengon, jati, matoa, rambutan, petai, klengkeng dan lainnnya.

"Mengawali ditanam di Satpas SIM, tujuannya tak lain menghijaukan lahan yang ada di kawasan Satpas, dan selanjutnya penanaman juga akan dilakukan di polsek-polsek serta lingkungan rumah dinas dan asrama Polri," ujarnya.

Kapolres Sugandi menambahkan, kegiatan penanaman bibit pohon bekerja sama dengan pemerintah daerah, Kodim 0823/ Situbondo dan Dinas Kehutanan di Banyuwangi.

"Harapannya dengan penanaman bibit pohon yang merupakam program Polri Peduli Penghijauan ini, nantinya bermanfaat bagi kepentingan masyarakat umum dan menjadikan lingkungan Satpas Situbondo lebih rindang, sejuk serta kualitas udaranya lebih baik," kata mantan Kapolres Pacitan itu.

Dari pantauan, penanaman seribu bibit pohon juga dihadiri Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Dandim 0823/ Situbondo, pimpinan OPD dan tokoh masyarakat serta lainnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020