Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada 3.849 kepala keluarga (KK) miskin yang selama ini tidak bisa menikmati listrik karena ketidakmampuan mereka membayar biaya sambungan listrik.

"Bantuan penyambungan listrik gratis tahun anggaran 2019 ini, bersumber dari APBD kabupaten sebanyak 445 KK, APBD provinsi sebanyak 2.500 KK dan bantuan dari PLN melalui gerakan sosial One Man One Hope sebanyak 854 KK," ujar Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi kepada wartawan di sela meninjau ke rumah warga penerima bantuan penyambungan listrik gratis di Desa/ Kecamatan Kapongan, Situbondo, Senin.

Menurut dia, dari ribuan penerima bantuan penyambungan listrik gratis itu tersebar di lima kecamatan, di antaranya Kecamatan Panji, Besuki, Kapongan, Mlandingan dan Kecamatan Jatibanteng.

Bantuan penyambungan listrik gratis ke keluar kurang mampu ini, lanjut dia, tidak lai. bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah, pengentasan angka kemiskinan dan meningkatkan elektrifitas.

"Tahun-tahun sebelumnya jumlah warga kurang mampu yang belum memiliki sambungan listrik mencapai sekitar 19 ribu, namun sampai sekarang terus berkurang, karena pemerintah bekerja sama dengan PLN menargetkan sekitar 4.000 KK per tahun," kata Wabup Yoyok.

Sementara itu, Manajer PT PLN (Persero) UP3 Situbondo ULP Panarukan, M Abdul Basid mengemukakan bahwa program penyambungan listrik gratis melalui Gerakan Sosial One Man One Hope merupakan program nasional PT PLN.

"Jadi, program ini sudah terlaksana di Situbondo sejak tahun lalu. Program ini merupakan gaji dari teman-teman (karyawan PLN) yang disisihkan untuk membantu sambungan listrik gratis bagi warga kurang mampu," katanya.

Sutik, salah seorang penerima bantuan penyambungan listrik gratis di Desa/ Kecamatan Kapongan, mengaku senang karena mendapatkan sambungan listrik gratis.

"Sudah sekitar 20 tahun saya numpang aliran listrik ke tetangga, alhamdulillah sekarang sudah dapat bantuan sambungan listrik," ujarnya.

Dari pantauan, sebelum meninjau ke rumah warga penerima bantuan penyambungan listrik gratis, secara simbolis Wabup Yoyok menyerahkan bantuan sambungan listrik keoada penerima di kantor Kecamatan Kapongan. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020