Hujan disertai angin kencang pada Minggu malam mengakibatkan sebuah pohon di jalur pantai utara (pantura) Situbondo, Jawa Timur, tumbang dan menimpa truk pengangkut mobil.

"Pohon tumbang akibat angin kencang terjadi di jalur pantura Situbondo, tepatnya di Desa Bletok, Kecamatan Bungatan," ujar Koordinator Pusat Pengendali Operasi (pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriyono di Situbondo.

Menurut ia, pohon berukuran sedang itu tumbang ke jalan raya dan menimpa truk pengangkut mobil dari arah Surabaya ke Banyuwangi, dengan nomor polisi B 9042 PIN.

Dari enam unit mobil yang diangkut truk tersebut, katanya, tiga unit mobil di antaranya ringsek (rusak pada kaca depan dan bodi mobil bagian atas) akibat tertimpa pohon tumbang. Namun demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Akibat pohon tumbang ini, arus lalu lintas jalur yang menghubungkan Jawa-Bali ini sempat macet total sekitar hampir dua jam. Arus lalu lintas kembali normal setelah kami dan petugas kepolisian dan TNI serta dibantu warga mengevakuasi batang pohon yang menimpa truk," kata Puriyono.

Sebelumnya, beberapa hari lalu hujan yang disertai angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang di jalur pantura, kendati tidak ada korban jiwa, namun arus lalu lintas juga macet.

"Oleh karena itu, kami mengimbau bagi pengendara roda dua maupun roda empat selalu berhati-hati selama di perjalanan, karena sesuai prakiraan cuaca dari BMKG, cuaca ekstrem (angin kencang, hujan deras) akan terjadi hingga beberapa hari ke depan)," paparnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020