Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, mengantisipasi banjir di wilayah Desa Prodo, Kedawung Wetan dan Kedawung Kulon, Kecamatan Grati Pasuruan saat musim hujan.

Kalak BPBD Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati di Pasuruan, Jumat mengatakan wilayah tersebut sempat terjadi banjir pada pekan ini.

"Kami terus melakukan pemantauan dan mengantisipasi banjir lagi di wilayah itu," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi banjir susulan, pihaknya bersama dengan anggota relawan lainnya melakukan pembersihan terutama yang ada di Jembatan Magersari di Kedawung Kulon.

"Kami melakukan pembersihan sampah, material ranting-tentang kayu, pohon dan juga bambu yang menyumbat," ujarnya.

Disinggung wilayah lain yang berpotensi terjadi banjir dirinya mengaku saat ini masih belum ada laporan yang masuk.

"Untuk Sungai Welang yang menjadi langganan banjir di wilayah Kraton debit airnya belum ada kenaikan yang signifikan," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda di Sidoarjo sebelumnya telah mengeluarkan peringatan dini jika di sejumlah wilayah di Jawa Timur, termasuk di Pasuruan berpotensi terjadi angin kencang sesaat.

"Selain itu juga disertai dengan hujan deras saat, sehingga masyarakat diharapkan bisa lebih berhati-hati saat awal musim hujan seperti saat ini," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto di Sidoarjo. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020