Gedung baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya di Jalan Yos Sudarso direncanakan mulai ditempati pada pertengahan Januari 2020.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti, di Surabaya, Jumat, mengatakan pihaknya bersama pihak dinas terkait di Pemkot Surabaya sudah mengecek progres pembangunan gedung baru DPRD Surabaya bersebelahan dengan gedung Balai Pemuda.

"Sudah kita cek dari lantai 1, beberapa ruang fraksi dan Banmus serta beberapa ruangan yang nanti akan dipakai," ujar Reni.

Menurut dia, pihaknya sempat menanyakan kepada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) terkait penggunaan gedung baru tersebut. Reni mengatakan pihak dinas cipta karya memperkirakan sudah bisa digunakan di pertengahan Januari ini.

"Kalau kita melihatnya, semoga di pertengahan sekitar 13 Januari ini, harapannya sudah bisa digunakan," katanya.

Lebih lanjut, politisi perempuan dari Partai Keadailan Sejahtera (PKS) menambahkan, nanti untuk setting tempatnya, pimpinan dewan dan ruang komisi tetap di gedung lama, namun ruang fraksi dan ruang anggota dewan pindah di gedung baru.

"Kemudian ruang Banmus, Banggar dan Pembentukan Perda juga ada di gedung baru," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, nantinya ada ruangan serbaguna di gedung baru yang dipersiapkan jika ada tamu yang jumlahnya banyak atau digunakan untuk rapat komisi atau Banggar mau rapat dengan seluruh lurah atau mengundang seluruh kepala puskesmas.

"Misalkan ada kondisi-kondisi yang membutuhkan kita berkoordinasi di situ," katanya.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya Iman Krestian mengatakan gedung baru dewan sudah siap ditempati.

"Kami juga sudah menjelaskan kalau serah terima kunci sudah kami serahkan pekan lalu, setelah pekerjaan itu selesai," katanya.

Menurut dia, per tanggal 20 Desember 2019, sudah diterima oleh Bagian Pengamanan Sekretariat DPRD (Sekwan) Surabaya. "Karena pada saat itu teman-teman Sekwan, tidak ada ditempat. Jadi serah terima kunci sudah diserahkan ke Pamdal Sekwan," kata Iman. (*)
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020