Sejumlah pohon di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis, tumbang akibat terjangan angin kencang yang terjadi sesaat setelah hujan deras melanda kota itu.

"Tadi hujan lebat disertai dengan angin kencang di beberapa wilayah Kota Kediri yang mengakibatkan pohon tumbang dan bencana lainnya," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri Adi Sutrisno.

Baca juga: Seorang mahasiswa tewas tertimpa pohon saat angin kencang menerjang Kediri

Beberapa titik itu misalnya di sekitar kampus Universitas Islam Kadiri (Uniska) terdapat pohon tumbang, perempatan Nabatiyasa Kota Kediri terdapat baliho rusak.

Di Kecamatan Pesantren, terjadi pohon tumbang di area GOR Jayabaya Kediri, di Jalan Kantil yang berada di Kelurahan Banjarmlati, di Jalan Raung Kediri, serta depan kantor Kelurahan Banjarmlati.

"Kalau kerugian materiil dan nonmateriil masih kami hitung. Yang jelas, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata dia.

Baca juga: Angin kencang terjang Kediri, sejumlah kendaraan rusak tertimpa pohon

Awal pekan lalu, juga terjadi angin kencang yang disertai dengan hujan lebat mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Bahkan, sejumlah kendaraan dan warung pedagang rusak tertimpa pohon tumbang tersebut.

Selain itu, terdapat seorang meninggal dunia dan lainnya terluka setelah warung yang mereka singgahi tertimpa pohon. Korban dibawa ke RSUD Gambiran Kediri untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca juga: BPBD Kota Kediri hitung kerugian akibat angin kencang

BPBD Kota Kediri juga sudah melakukan imbauan untuk memangkas ranting pohon terutama di sekitar rumah yang bisa berpotensi tumbang saat hujan deras saat musim hujan. Hal itu dilakukan demi mencegah pohon tumbang saat angin kencang maupun hujan deras terjadi.

BMKG juga sudah meminta warga untuk berhati-hati terhadap berbagai ancaman bencana. Beberapa potensi itu seperti yang dikatakan oleh BMKG yakni turunnya hujan lebat disertai petir, angin puting beliung, angin kencang, dan hujan es. Warga diminta berhati-hati ketika hujan deras terjadi dengan berteduh di tempat yang aman.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019